Kamis,16 Maret 2017 16:30 WIB

Penulis: Harryt MR

Mobil Pedesaan

GATOMI Siap Suplai Komponen Mobil Pedesaan

Foto: Billy

GATOMI berbincang bersama IOI (I Made Dana Tangkas) serta Dirjen ILMATE Kementerian Perindustrian (I Gusti Putu Suryawirawan)

JAKARTA - Jika hanya mengandalkan Industri Kecil Menengah (IKM) saja tentu sulit mengejar kualitas dan kuantitas yang setaraf dengan industri perakitan mobil kelas kakap. Oleh karenanya perlu pendamping dalam pengembangan mobil pedesaan yang punya kapasitas mesin dibawah 1.000 cc ini.

Gabungan Aftermarket Otomotif Indonesia (GATOMI) menegaskan siap men-suplai komponen mobil pedesaan. “Kami (GATOMI) siap mendukung dan mensuplai komponen yang dibutuhkan mobil pedesaan.

Mulai dari bohlam lampu, minyak rem, oli, kampas rem, suspensi, hingga sistem audio,” beber Suhendra Hanafiah, Wakil Sekretaris Jendral GATOMI.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Hendra ini juga bilang, mayoritas anggota GATOMI juga telah memiliki fasilitas produksi di Indonesia.

“Anggota kita banyak yang sudah memiliki pabrik disini, artinya dirakit di Indonesia, melalui CKD (Completely Knock Down). Banyak juga yang telah menggunakan bahan baku lokal,” sambung Hendra, yang ditemui di gelaran Expo Industri Kreatif Mobil dan Motor Seni (EIKMMS), Denpasar, Bali (9/03).

Atas dukungan ini, Institut Otomotif Indonesia (IOI) turut mengapresiasi dan siap menindaklanjuti dengan penandatanganan kerjasama. “Mobil pedesaan tentu punya komponen yang banyak, bisa sampai 2.000 komponen. Oleh karenanya, kita perlu melibatkan semua vendor lokal. Tujuannya untuk membangun industri yang mandiri,” terang I Made Dana Tangkas, Presiden IOI. (Otomotifnet.com)

EDITOR

toncil

TERPOPULER

Top