Senin,20 Maret 2017 11:00 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Lotus Elise Sprint, Mobil Sport Super-Ringan Yang Diet 41 Kg Lagi

Foto: Lotus

Seperti ini kalau mobil sport ikut diet keras, bobot Lotus Elise berkurang menjadi di bawah 0,8 ton

Inggris - Bila ada satu hal yang dikenal untuk Lotus Elise, adalah bobotnya yang super-ringan jauh di bawah 1 ton, tepatnya 839 kg saja. Sangat ringan? Tidak begitu menurut Lotus.

Pabrikan sports car Inggris ini baru saja merilis Lotus Elise Sprint Special Edition, yang merupakan versi lebih ringan lagi dari Elise biasa yang sudah lebih enteng dibanding hatchback seperti Ford Fiesta atau Renault Clio.

Yang diganti adalah aki standar, kini diganti baterai lithium-ion lebih ringan dan mengurangi bobot 9 kg. Kemudian open shifter dari Exige mengurangi hampir setengah kg, jok balap carbon fibre mengurangi 5,9 kg hingga bahan kombinasi dari polycarbonate untuk setiap panel akses, cover roll hoop dan kap mesin yang kembali memangkas 5,9 kg.

Lotus Elise Sprint
Elise yang awalnya sudah berupa mobil 'stripped down', kini lebih ditelanjangi lagi

Totalnya, 41 kg berhasil dikurangi dari Elise standar, menyisakan bobot yang bahkan ada di bawah 0,8 ton, tepatnya 798 kg saja!

Sedangkan apa yang ada di bawah kap mesin Lotus Elise standar tetap sama, yaitu dua pilihan mesin dari Toyota, 1ZR-FAE 1.600 cc yang menghasilkan 134 dk atau 2ZR-FE 1.800 cc dengan supercharger menghasilkan 217 dk.

Karena bobotnya yang sangat minim tersebut, keduanya dapat menempuh waktu akselerasi yang sangat kencang bahkan hanya dengan mesin bertenaga kecilnya. Lotus Elise Sprint 1.6 L dapat mencapai 0-100 km/jam dalam 5,9 detik dan 1.8 L SC dalam 4,1 detik saja. Wow!

Di Inggris, Lotus Elise versi Sprint ini dijual mulai dari harga Rp 620 jutaan hingga Rp 735 jutaan.

EDITOR

rio

Top