Rabu,12 April 2017 09:19 WIB

Penulis: otomotifnet

Nissan Teana 2005, Purbalingga VIP Style

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Purbalingga VIP Style

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Interior konsep ‘wajik’ disponsori oleh Bussan Interior

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Interior konsep ‘wajik’ disponsori oleh Bussan Interior

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Fender fin sengaja ditambahkan sebagai efek kosmetik dari ubahan wide body.

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Tampil rebah, modal coilover custom dari per Innova. Arm roda belakang juga custom, agar bisa di-camber negatif.

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Bumper belakang dibuat ulang dari fiberglass. Berikut ducktail dan roofspoiler.

Cara ‘mewah’ menaikkan pamor sedan langka

Purbalingga - Ibnu Dynar mengincar sedan besar yang populasinya tak banyak. Tujuannya tak lain membangun aliran modifikasi VIP Style. Pilihanpun akhirnya jatuh pada Nissan Teana.

“Sudah survey lama, jarang sekali tipe ini dimodifikasi, apalagi di Purbalingga,” bukanya. Tak lama setelah didapat, generasi pertama Teana ini pun langsung dioperasi.

Fokusnya pada ubahan eksterior, body kit dari bahan fiberglass dipasang. “Desainnya minimalis saja, yang penting bikin bodi terkesan lebih lebar,” kata Dynar yang mengerjakannya di DNR Garage, bengkel miliknya sendiri.

Bumper depan hanya ditambahi spoiler, sedangkan bumper belakang dibikin ulang. Ubahan banyak dilakukan pada bagian samping, terutama fender.

Ruang fender Teana, aslinya saja sudah cukup lega, namun oleh Dynar di-radius wide body lagi. Aksi ini dilakukan agar pelek lebar Lodio Drive dengan spek 19x(11+12,5) inci bisa masuk dengan aman.

Wide body bagian depan sekitar 2 cm, sedangkan belakang sekitar 8 cm,” jelasnya lagi. Supaya ketinggian bisa diatur, suspensi dibuatkan model coilover custom. Ekslusivitas Teana ini lantas ditingkatkan dengan pemilihan warna yang tidak biasa. Yang dipilih adalah warna gold orange xirallic yang bikin penampilannya semakin ‘bling-bling’.

“Dasarnya diberi warna silver dahulu, baru partikel efek kuning, fungsinya agar warna cerahnya lebih terangkat,” kekeh pria kelahiran 25 tahun yang lalu ini.

Agar kompak dengan eksterior, kabin turut ‘didandani’. Ubahan memang tak banyak, lantaran Dynar merasa aura kabin standar Teana sudah cukup mewah. “Motif jok saja yang saya ganti dengan desain wajik,” tutupnya. * Rendy/otomotifnet.com

Plus: Jarang yang modifikasi Nissan Teana
Minus: Belum pasang sistem audio

Bengkel Modifikasi
DNR Garage, Desa Slinga, RT/RW 02/03, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga, Jawa Tengah.
 
Data Modifikasi

Kaki-Kaki: Pelek Lodio Drive 19x(11+12,5) inci offset -30 (depan), -40 (belakang), ban Accelera Phi 235/35R19 dan 245/35R19, coilover custom
Eksterior: Body kit custom by DNR, ducktail custom, roof spoiler custom, cat orange gold xirallic by Spies Hecker
Interior: Bahan pelapis jok semikulit model wajik

 

 

EDITOR

rio

TERPOPULER

Top