Rabu,21 Des 2011 09:09 WIB

Penulis: Agus Sulis

Lotus Elan, Kenangan Supercar Klasik Seberat 612 kg

Foto:

Lotus Elan, Kenangan Supercar Klasik Seberat 612 kg


Jakarta - Desember 1966 bertepatan dengan Desember 2012 munculnya mobil lawas Lotus Elan dari Eropa. Bertempat di JI Expo Kemayoran, anda bisa melihat mobil John Player Special (JPS).

Mobil ini dirilis untuk merayakan kemenangan tim Lotus di Kejuaraan Dunia F1 tahun 1972 dan 1973. Mobil ini diklaim Colin Chapman pendiri Lotus, sebagai mobil Eropa irit dan terpusat pada ciri khas bodi yang kecil dan ringan.

Kekuatan struktural dari fiberglass ringan yang terikat pada sasis punggung bertulang baja. Tampilan bermoncong depan panjang semakin mempertajam aksen lampu depan. Ron Hickman Lotus Engineering lah pemrakarsa desainnya.

Mesin ringan kapaitas 1470 cc bertransmisi empat percepatan manual. Menghasilkan kecepatan maksimum sebesar 110 mph dalam 10 s. Sebuah suspensi empat roda dan roda 91 inci membantu percepatan hampir 0,9 g di masanya.

Interior di desain minimalis sepanjang ciptaan pertama Eropa. Kursinya disesuaikan untuk bisa mengatur tinggi rendahnya pedal. Tidak terdapat gagang pintu internal.

Selanjutnya, tipe 47 sebagai mobil balap di kurun waktu 66-70. Mengalami pembaharuan suspensi. Lima percepatan dengan kapasitas 1594 cc. Lebih ringan daripada tipe produksi regular Eroapa.

Seri keduanya mengalami perubahan signifikan di bodi, interior dan sumber tenaga. Fiberglass berpadu dengan baut menjadi tidak kaku. Fender depan menjadi lebih tinggi. Mesin berkapasitas 1565 cc naik dari seri pertama.

Dashboard menggunakan polesan kayu fasia. Kursi dibuat lebih nyaman. Jendela sudah menggunakan sistem elektrik.

Tahun 1971-1975 menelurkan seri ketiga. Lekukan pada body belakang meningkatkan visibilitas. Mesin juga menghasilkan power lebih dari 100 dk. Setelah 9 tahun diproduksi, Lotus Eropa dihentikan pada awal tahun 75 yang sudah mencapai produksi sebanyak 9.000 mobil. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

billy

TERPOPULER

Top