Jumat,10 Maret 2017 12:03 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Geneva Motor Show 2017

McLaren 720S Kembali Membuat Terobosan Aerodinamika, 0-100 Km/Jam di Bawah 3 Detik

Foto: McLaren

McLaren 720S menjadi Super Series generasi kedua, dengan setiap bentuknya memiliki maksud aerodinamika tertentu dan tenaga masif 712 dk (720 PS)

Geneva - Semenjak McLaren F1 hampir dua dekade lalu ke MP4-12C lima tahun silam, kemudian beranjak ke Super Series dan Sports Series, sulit untuk membedakan mana super car McLaren yang satu dengan yang lainnya.

Akhirnya memasuki generasi kedua Super Series setelah 650S diperkenalkan 2014 silam, inilah McLaren 720S tampil perdana di Geneva International Motor Show 2017.

Seperti dengan setiap bentuk 12C memiliki fungsi aerodinamika dan begitu pula pada setiap suksesornya, McLaren 720S pun begitu dengan setiap lekukan yang diusungnya.

McLaren 620S
720S lebih ringan 18 kg dibanding 650S dan mencontek beberapa trik aerodinamika dari hypercar P1

Mencari dimana intake radiator yang biasa ada di samping mobil? Fungsi ini digantikan oleh bentuk aerodimaika ‘double-skin’ dari pintu jenis dihedral ini, yang mengalirkan udara ke radiator bertemperatur tinggi ke mesin di tengah mobil.

Lampu depan yang unik itu? Yes, berlubang untuk mengalirkan udara ke radiator. Dari setiap perubahan aerodinamika yang diubahnya, efisiensi pendinginannya meningkat 15 persen.

Strukturnya senduri dibuat dari carbon fibre ‘tub’, sedangkan bagian atasnya disebut McLaren Monocage II. Membantu membuatnya lebih ringan adalah parts aluminium yang disebar di beberapa bagian sasis dan panel bodi.

McLaren juga menerapkan generasis terbaru dari Proactive Chassis Control II, yang terdiri dari suspensi baru dual wishbone di depan dan belakang serta adaptive damper independen. Digunakan juga electro-hydraulic steering, serta rem carbon ceramic dengan cakram berdiameter 390 mm di depan dan 380 mm di belakang.

McLaren 720S
Interior McLaren 720S tidak asing dari generasi sebelumnya dengan Central Infotainment Display dan potongan machined aluminium
McLaren 720S
Jok dilapis menggunakan bahan alcantara berkualitas tinggi, begitu juga dasbor dan door trim

Mengintip mesin berkonfigurasi mid-engine, masih digunakan mesin M480T seperti sebelumnya, namun kini mendapatkan 41 persen bagian yang baru bila dibandingkan mesin 3.8 L pada Sports Series.

Kapasitasnya 3.994 cc, dilengkapi twin-turbocharger sehingga menghasilkan angka yang sama dengan nama yang digunakannya, yaitu 720 PS (712 dk) dan torsi 770 Nm di 5.500 rpm. Sangat menarik perhatian tentu karena super car Inggris ini dapat menembus kecepatan 100 km/jam dari diam hanya dalam 2,9 detik saja!

Interior? Seperti pabrikan dari Italia, bahkan super car pun diberikan kenyamanan maksimal di balik sangarnya performa, misalnya dengan lapisan alcantara di sekujur dasbor dan jok, kemudian adanya kamera 360 derajat dan sound system premium Bowers & Wilkins.

Meski sistem hiburan kabin berbentuk tablet vertikal tak lagi asing di dalam sebuah McLaren, instrument cluster yang digunakannya sangat menarik. Disebut Folding Driver Display, instrument cluster ini dapat terlipat dan menunjukkan informasi yang penting saja pada mode tertentu agar menjaga fokus pengemudi ke jalanan.

McLaren 720S akan memulai delivery perdana di dunia pada bulan Mei 2017. Di Inggris, super car ini dibanderol mulai dari Rp 3,46 miliar (208.600 GBP).

McLaren 720S
Folding Driver Display dalam keadaan terbuka, menampilkan instrument cluster digital dengan informasi lengkap
McLaren 720S
Folding Driver Display dalam keadaan terlipat, menampilkan informasi seperlunya dalam mode tertentu agar pengemudi lebih fokus ke jalanan

EDITOR

rio

Top