Selasa,11 April 2017 10:30 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Varian BMW 5 Series Anyar G30 Mana yang Akan Masuk ke Indonesia?

Foto: F. Yosi

Paling besar kemugkinan, varian yang akan jadi andalan di Indonesia adalah 530i dengan banyaknya fitur, namun kapasitas mesin tetap terjaga di bawah 2.000 cc dengan 4-silinder saja

Jakarta - Sebelumnya, Otomotifnet baru saja memberitakan BMW 5 Series anyar sudah tertangkap kamera di jalanan Indonesia. Tentu, bisa disinyalir kehadirannya yang tak akan lama lagi di Tanah Air.

Namun pertanyaan yang cukup penting, varian BMW 5 Series G30 mana yang akan masuk ke Indonesia?

Bila melihat gril radiator yang menyatu panjang hingga housing lampu di bawahnya, jelas ini adalah varian tanpa body kit M Sport.

Kemudian mengambil jejak dari belakang, penggunaan dual muffler juga menyiratkan kalau ini minimal varian 530i. Yup, karena 520i masih mengandalkan satu knalpot dan semua varian 540i sudah dilengkapi body kit M Sport.

BMW 5 Series
Tengok konfigurasi dual muffler, kemungkinan ini minimal 530i

Menengok beberapa pasar dunia seperti Inggris dan Amerika Serikat, BMW 530i tanpa body kit M Sport adalah varian terendahnya. Lalu, apakah Indonesia juga akan diberikan varian G30 entry level nantinya?

Untungnya, kami bisa melaju cukup dekat ke unit BMW 5 Series yang sedang diuji jalan dengan stiker kamuflase tersebut sehingga interiornya bisa sedikit diintip.

Di depan, terlihat BMW 5 Series ini sudah menggunakan layar head unit iDrive 10,25 inci alias versi yang telah di-upgrade. Lebih menarik lagi, di bagian belakang juga terpantau sistem hiburan kabin belakang dengan dua monitor 10,2 inci beresolusi tinggi.

BMW 5 Series
Di depan sudah menggunakan layar iDrive berukuran 10,25 inci, versi sistem hiburan kabin yang lebih tinggi
BMW 5 Series
Sistem hiburan kabin belakang dengan dua monitor 10,2 inci beresolusi tinggi, menarik nih kalau jadi standar di setiap 5 Series nantinya

Bila memang kedua fitur ini akan jadi standar di setiap 5 Series baru nantinya, kemungkinan mengapa varian 530i yang dimasukkan pasti berkaitan dengan kecilnya kapasitas mesin yang dipakai, mesti tetap menghasilkan tenaga yang cukup besar. Sementara untuk fitur, jelas banyak opsi yang sudah dimasukkan untuk membuatnya kompetitif dengan Mercedes-Benz E-Class.

Berbicara mesin, seharusnya sama seperti di pasar Internasional yaitu B48 4-silinder segaris dengan kapasitas 2.000 cc dengan twin-scroll turbocharger yang sanggup menyalurkan tenaga 248 dk ke transmisi 8-percepatannya.

Sementara itu, BMW 5 Series yang hingga kini masih dijual di Indonesia (F10) dibagi menjadi tiga varian yaitu 520i Luxury seharga Rp 909 juta off the road, 528i Luxury Rp 1,039 miliar dan 520d seharga Rp 929 juta.

EDITOR

rio

TERPOPULER

Top