Sabtu,18 Maret 2017 11:00 WIB

Penulis: otomotifnet

Cara Ganti Wiper Belakang Sendiri, Ingat Jangan Dipaksa!

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 4

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 5

Jakarta - Musim hujan seperti sekarang, pasti kondisi wiper enggak boleh lupa diperiksa. Namun untuk yang dilengkapi wiper belakang, jangan ketinggalan juga cek performanya.

Kalau permukaan karetnya sudah jelek, pasti bikin nyetir saat hujan-hujanan enggak nyaman kan. Apalagi kalau lagi di jalan tol alias bebas hambatan. Biasanya kotoran dari jalan naik tuh ke kaca.

Cara paling mudah tentu ganti utuh sekaligus batang wipernya. Tapi cara lebih efisien, cukup ganti karetnya saja. Banyak kok yang jual refill karet wiper ini. Umumnya, karet wiper belakang pakai yang panjangnya 12 inci.
 
“Harganya berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 65 ribu, tergantung ukuran,” terang Almus Hidayat, Sales Manager PT Welty Mega Sejahtera yang jadi distributor merek Wealthy.

Dipratekkan pada Nissan March lansiran 2011. Gantinya mudah tapi butuh ketelitian ekstra nih. Pun tak butuh alat khusus. Kalaupun di garasi ada penetran, bisa gunakan untuk membantu supaya proses memasukkan karet lebih lancar.

Melepas wipernya sendiri juga mudah. Batang wiper mesti diposisikan berlawanan dengan batang besi pemegangnya, lalu tarik ke arah luar. “Memang agak keras, sebab ada semacam klip pada bagian tengahnya,” wanti Aim Sunarto dari bengkel OTOMOTIF Service Station di Jl. Panjang No.8A, Jakbar.

Sisanya, simak langkah berikut. * Rio/otomotifnet.com

1. Karet wiper refill seperti ini dijual satuan, cari yang panjangnya 12 inci untuk ukuran umum wiper belakang kendaraan di Tanah Air

2. Tarik karet wiper lama dari ujung depan. Mesti sedikit ditarik, supaya lebih mudah. Kalau sudah lepas dari penguncinya, tinggal dorong karet sampai terlepas semua.

3.  Sebelum pasang karet wiper baru, perhatikan pada bagian ujung karetnya terdapat desain yang berbeda. Yang bentuknya seperti ada kepalanya (kiri) justru untuk di bagian belakang. Sedang ujung karet yang normal (kanan), gunanya untuk dimasukkan pertama kali.
 
4. Karet sudah terlepas, sekarang memasukkan karet wiper baru yang butuh ketelitian ekstra-tinggi. Jangan dipaksa atau terlalu cepat ya. Mesti masukkan dari arah belakang wiper dan sedikit ditekuk.

Lalu dorong dan urut perlahan-lahan karet wiper, perhatikan agar posisi dudukan wiper pada rel yang terdapat di karetnya tidak terlepas. Posisinya, pada karet wiper terdapat 2 alur, nanti dudukan karetnya posisikan di alur yang dekat pelat besi pemegangnya.  

Gunakan penetran di sekitar rel apabila susah, supaya karet lebih lancar.  

5. Karet pengganti sudah terpasang, langkah selanjutnya tinggal kembalikan wiper ke pemegangnya. Yang mesti diperhatikan adalah, bagian yang ada seperti klip penguncinya posisikan di belakang, mendekat ke bagian dalam wiper. Selanjutnya tinggal dorong batang wiper ke dalam, sampai terdengar bunyi klik.

EDITOR

rio

TERPOPULER

Top