Selasa,26 Maret 2013 15:01 WIB

Penulis: Agus Sulis

Pintu Mobil Susah Dibuka, Bengkokin Dikit Linknya

Foto:

Pintu Mobil Susah Dibuka, Bengkokin Dikit Linknya



Pernah atau justru lagi mengalami pintu kesayangan suka susah dibuka dari dalam? Walau tuas pintu sudah ditarik kuat, tapi tetap saja pintu enggak mau terbuka.

Kendala ini sempat dialami OTOMOTIF pada Toyota Avanza keluaran 2006 dengan jarak tempuh 100 ribuan km. Tepatnya pada pintu depan sebelah kiri. Maklum, usia pakainya kan sudah 7 tahun. Wajar bila kemudian timbul beberapa masalah.

Dan hal yang sama, juga dialami oleh bebarapa relasi di mobil yang berbeda. “Iya tuh, Lancer Evo 3 (Mitsubishi) gue juga pintu depan kanan (posisi driver) kadang susah dibuka dari dalam. Gue bawa ke spesialis pintu dan bekleding. Kena deh ongkos 35 ribu. Tapi penyakit itu hilang sampai sekarang,” beber Tito, warga Ciputat, Tangsel sembari bilang temannya juga pernah mengalami hal serupa di Toyota Kijang kapsulnya.

Telusur punya telusur, ternyata kendala pintu susah dibuka dari dalam itu diakibatkan oleh kawat/link penarik mekanisme pengunci pintu tidak tertarik maksimal oleh tuas dari bagian dalam.

Untuk membuktikannya mudah saja. Praktiknya di Avanza yang bermasalah. Mula-mula buka sekrup pengancing handle pintu bagian dalam pakai obeng kembang (gbr.1). Setelah sekrup dibuka, coba tarik rumah tuas tersebut ke arah depan dalam keadaan pintu sedang tertutup.

Kalau pintunya mau terbuka, berarti memang benar kawat penarik mekanisme kunci yang bermasalah, yakni tidak maksimal dalam menarik mekanis kunci tadi. Nah, tidak maksimalnya link dalam menarik mekanisme pengunci, bisa dikarenakan tekukan kawat mulai melurus lantaran sering tertarik.

Guna mengembalikan tekukannya, buka doortrim terlebih dulu (gbr.2). Pada Avanza, harus mencabut door lock, lalu diikuti melepas cover baut spion dan plastik mengancing doortrim yang letaknya di pojok atas bagian depan.

Jika sudah, tarik atau congkel sisi-sisi doortrim (samping dan bawah) pakai jari tangan, kemudian dorong ke atas. Nah, kalau sudah terlepas, akan terlihat tuh kawat/link penarik mekanisme pengunci pintunya. Tinggal bengkokin sedikit deh salah satu tekukannya pakai tangan atau tang (gbr.3).

Dijamin deh tuas pintu akan kembali normal lagi.(mobil.otomotifnet.com) 

EDITOR

billy

Selasa,19 Juli 2016 16:45 WIB

KUN 2016 Purbalingga

Selasa,12 Juli 2016 07:15 WIB

KUN 2016 Purwokerto

Senin,13 Juni 2016 16:00 WIB

Omes dan Imam Darto, Selamat ULTAH OTOMOTIF

Rabu,20 April 2016

Galeri Foto Pertamax Drift war

Senin,14 Maret 2016

Jakarta Auto Meet 2016

Kamis,3 Maret 2016

Serunya Bocah Balap MiniGP!

Top