Jumat,14 April 2017 10:59 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Balap Honda All New CBR150R Kawahara, Sempurnakan Material Kunci Raih Podium

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Honda All New CBR150R 2016 Penyempurnaan Material

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Throttle body standar direamer dan pakai dual injektor. Injektor kedua ada di moncong

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Klep dan piston materialnya baru, demi kejar durabilitas

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Untung data suspensi belakang Kawahara saat hujan lengkap, tinggal seting ulang

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Knalpot Kawahara silincer pendek, suaranya geledek!

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Haryadi Arce baru pertama balap di Sentul, belum familier dengan racing line

Jakarta - Diantara kepungan Yamaha YZF-R15 di Kejurnas 150 cc putaran pertama (19/1), ada segelintir CBR150R yang merangsek masuk ke barisan depan. Salah satunya andalan Honda Kawahara FDR FSCM KYT ARACER NGK yang sukses naik podium di race 1.

Mengandalkan Haryadi Arce asal Sulawesi Tengah, mampu menyelesaikan balapan pertama di posisi 3 meski start dari grid ke 10. Wow, nendang juga ya!

“Balapan berlangsung hujan sejak start, untungnya sudah punya data karena sebelumnya sudah latihan dengan kondisi hujan di Sentul. Setingan dilakukan pada suspensi depan dan belakang,” buka Noviansyah selaku tuner dari tim ini.

“Suspensi belakang pakai Kawahara sedang yang depan standar modif, semua disesuaikan dengan kondisi hujan, selain itu gir belakang dibuat ringan 1 mata dari 46 menjadi 45. Ini karena saat hujan rolling speed tidak terlalu kencang,” rinci Aconk panggilannya.

Tahun ini, Aconk mengaku fokus pada menyediakan tenaga besar di putaran atas sesuai kebutuhan di Sentul yang treknya panjang-panjang sembari memperbaiki durabilitas.

“Kami memperbaiki material dibanding tahun sebelumnya, supaya tenaga lebih awet dan tidak cepat drop karena power mesin sudah kuat. Seperti per klep Kawahara yang tingkat kekerasannya sudah disesuikan,” jelasnya.

Honda All New CBR150R 2016 Penyempurnaan Material
Material kini lebih kuat, daya tahan lebih baik

Klep menggunakan diameter in 24 mm dan ex 21 mm, “Klep pakai Kawahara yang punya profil berbeda. Terlihat dari hasil flowbench yang bagus. Lalu diatur dengan noken as custom 256 derajat dengan lift in 9 mm dan ex 9,1 mm,” rincinya.

Piston juga menggunakan Kawahara dengan diameter standar 57,3 mm, “Piston sudah forging jadi lebih pede meskipun bentuknya tipis, karena tipis jadi lebih ringan. Dome tinggi tapi untuk sirkuit Sentul besar kompresi hanya bermain di angka 11,6 : 1 saja,” lanjutnya.

Untuk suplai bahan bakar yang lebih besar, throttle body standar direamer jadi 30 mm dengan dual injektor standar yang diatur ECU aRacer asal Taiwan. “Sayang di race 2 paking silinder bocor sehinggar air radiator di blok silinder kering dan mesin loyo jadi tidak finish,” sesalnya.

Seri dua dicoba lagi bro! (Fariz / Otomotifnet.com)

Honda All New CBR150R 2016 Penyempurnaan Material
 

Data Modifikasi:
Kompresi: 11,6 : 1
Piston: Kawahara 57,3 mm
Noken as: Custom
Per klep: Kawahara
Klep: Kawahara
ECU: aRacer RC1
Knalpot: Kawahara GP Pro
Suspensi: Kawahara
Ban: FDR MP76

 

EDITOR

Dimas Pradopo

TERPOPULER

Top