Sabtu,18 Maret 2017 11:00 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Honda CMX500 Rebel Pakai Mesin CBR500R, Tapi Ada Bedanya Nih

Foto: Rizky Apriyandi

Setelah diperkenalkan di Thailand, kini giliran PT Astra Honda Motor (AHM) yang meluncurkan motor bergaya custom terbaru Honda, CMX500 Rebel.

Jakarta - Honda CMX500 Rebel yang dirilis hari ini (17/3) menggunakan basis mesin yang sama dengan CBR500R asal Thailand. Meski begitu, enggak mentah-mentah asal pasang, tetap ada perbedaan.

Diungkapkan Sarwono Edhi, perbedaan pada sektor mesin terkait karakter yang berbeda pada kedua motor ini. CMX500 Rebel memberikan kenikmatan di mid-low rpm, sedang CBR500R buat yang suka kecepatan.

"Untuk itu noken as-nya berbeda durasi. Karena noken as berbeda maka yang lain mengikuti," tutur pria santun ini.

Edhi merinci jika ECU atau electronic control unit-nya tentu berbeda, suplai bahan bakar dan timing pengapiannya juga pasti beda. "Throttle body sama tapi air box beda," imbuhnya.

Untuk basis mesin yang lain dipastikan sama saja. Kapasitas mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder, bore dan stroke 67mm x 66,8 mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm.

Galeri Foto Launching Honda CBX500 Rebel
 

Sudah mengusung teknologi PGM-FI fuel injection dengan torsi maksimum 45,8 Nm @ 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 47,2 dk @ 8.500rpm. Saluran pembuangan 2-1 mereduksi gas buang dengan desain ‘shotgunstyle.

Mesin motor ini juga menggunakan silent (SV Chain) cam chain yang memiliki pin dengan permukaan dilapisi Vanadium, mengurangi gesekan dengan peningkatan perlindungan terhadap debu.

Sedang desain dan rangkanya tentu saja benar-benar beda konsep. CMX500 Rebel bergaya American Style dengan low seat dan posisi riding yang santai.

Spesifikasi lengkapnya klik di sini (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

TERPOPULER

Top