Rabu,19 April 2017 11:45 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

Selama 20 Tahun, Sudah Sebanyak Ini Motor Yamaha Rakitan Indonesia Diekspor

Foto: Luthfi Anshori

Yamaha XMAX 300 Milky White

Pulogadung - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah melakukan kegiatan ekspor sejak tahun 1997. Jumlah angka ekspor yang dibukukan hingga kini tidak main-main, mencapai lebih dari 1 juta unit sepeda motor.

Menyusul prestasi tersebut, Yamaha pun pernah diganjar penghargaan sebagai Exportir Terbaik dalam Kantor Pelayanan Umum Bea dan Cukai Award Tipe A Tanjung Priok pada tahun 2016 silam.

"Industri otomotif merupakan industri andalan yang menunjang perekonomian Indonesia. Secara khusus, kegiatan ekspor Yamaha selama ini tentunya memberi dampak baik terhadap pemasukan negara," ujar I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronik Kementerian Perindustrian, di sela-sela seremonial ekspor perdana XMAX 300 ke Eropa, di Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (18/4).

"Kami juga memberikan apresiasi setingginya kepada Yamaha yang berkontribusi terhadap perekonomian di Tanah Air. Sejak beroperasi pada 1997 lalu, Yamaha kini memiliki jumlah tenaga kerja mencapai 17 ribu orang," lanjut Putu.

Sebagai informasi, Yamaha baru saja membuka keran ekspor XMAX 300 untuk pasar Eropa. Sebelumnya, model ini akan dikirim ke Yamaha Europe yang berpusat di Belanda. Setelah itu baru didistribusikan ke beberapa negara Eropa seperti Italia, Inggris, dan Prancis.

Dengan ini, berarti PT YIMM memiliki 4 line-up produk global untuk memenuhi kebutuhan pasar di luar negeri. Selain XMAX 300, sebelumnya ada nama YZF-R25, YZF-R3, dan NMAX, yang dipasarkan ke Eropa, Jepang, AS, dan Australia.

Mantap! (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

TERPOPULER

Top