Kamis,6 April 2017 16:00 WIB

Penulis: otomotifnet

Apa Rasanya Riding Naik All New Honda Scoopy Pakai Ban 12 Inci, Jawabannya Ada di Artikel Ini

Halaman 1 dari 2

Foto: Rizky/otomotifnet

First Ride All New Honda Scoopy Makin Cute Dengan ban 12 Inci

Jakarta - Bertempat di mall Gandaria City, Jakarta pada Rabu (29/3) lalu PT Astra Honda Motor memperkenalkan Scoopy generasi ketiga, yang dilabeli All New Scoopy. Tampilan dan fitur yang disuguhkan baru namun tetap menggunakan mesin 108,2 cc eSP.

“Konsep pengembangan pada Scoopy baru ini adalah style yang unik dan fashionable dengan penggunaan ban 12 inci, fitur lebih banyak dan performa tetap pakai mesin eSP,” papar Izumi Kanazawa dari Honda R&D Southeast Asia, Co., Ltd.

Penasaran dengan detail ubahan dan “rasa” saat pertama mengendarai motor yang kini dijual Rp 17,8 juta OTR Jakarta ini?

Mari kita detailkan. ( Aant / Otomotifnet.com)

First Ride All New Honda Scoopy Makin Cute Dengan ban 12 Inci
 
First Ride All New Honda Scoopy Makin Cute Dengan ban 12 Inci
 

Desain

Diungkap oleh Kanazawa jika secara style Scoopy tetap mengusung konsep retro modern. Makanya garis bodi yang melengkung tetap dipertahankan. Hanya saja kini makin fashionable, ditampilkan dari detail seperti bentuk lampu utama yang tetap membulat kini terintegrasi dengan sein.

Tampang depan makin kece dengan penggunaan lampu bulat berisi LED yang juga berkesan modern, lampu dekatnya model proyektor. Asyiknya ada penambahan positioning lamp melingkari lampu utama. Gaya ini jamak ditemukan di mobil masa kini.

Permainan warna yang ditawarkan dalam 3 tipe memberikan keleluasaan dalam memilih sesuai selera. Buat yang energik ada tipe Sporty. Lalu yang berkesan matang cocoknya tipe Stylish. Dan buat yang berjiwa muda ada tipe Playful yang ceria.

First Ride All New Honda Scoopy Makin Cute Dengan ban 12 Inci
 

Riding Position & Handling

Menggunakan ban 12 inci menggantikan 14 inci, ternyata ground clearance justru naik 3%. Menurut Sarwono Edhi, Technical Service Division PT AHM, jarak terendah ke tanah lebih tinggi 4 mm karena bagian bawah dek memang dinaikkan seperti All New BeAT. “Kalau diameter luar ban totalnya hampir sama antara yang 14 dan 12 inci,” terangnya.

Ketika duduk bisa dibilang identik dengan versi lama. Joknya yang punya tinggi hanya 744 mm sangat ramah buat tinggi badan di bawah 170 cm sekalipun. Lalu dengan dek yang tebal dan tinggi, karena ada aki di dalamnya, jaraknya dengan jok jadi dekat makanya buat rider berpostur lebih dari 173 cm posisi lututnya sampai lebih tinggi dari paha.

Setangnya yang model telanjang cukup pendek dan lebar, gampang untuk mengendalikan laju motor. Ban berukuran lebar ring 12 ternyata tak hanya bikin tampilan makin cute, depan 100/90-12 dan belakang 110/90-12 memberikan feeling berkendara yang beda dengan generasi sebelumnya. Buat cornering jadi jauh lebih pede!

Karena kontak ban ke aspal jadi makin lebar. Standar tengah sampai kena aspal pun nikung tetap asyik aja! Namun rasa khas naik skutik kecil yang ringan tetap tak hilang.

First Ride All New Honda Scoopy Makin Cute Dengan ban 12 Inci
 

Perfoma dan Fitur Unggulan All New Honda Scoopy lanjut ke halaman berikutnya;

Halaman 1 2

EDITOR

Dimas Pradopo

TERPOPULER

Top