Senin,27 Maret 2017 11:18 WIB

Penulis: otomotifnet

Test Ride SYM MAXSYM 600i ABS, Big Skutik Harga Terjangkau

Halaman 1 dari 3

Foto: Salim/otomotifnet

Test Ride SYM MAXSYM 600i ABS

Jakarta - Berikut adalah ulasan test ride big skutik dengan harga yang cukup terjangkau? Salah satu pilihannya ada SYM MAXSYM 600i ABS yang dijual hanya Rp 141,8 juta OTR Jakarta.

Angka segitu cukup murah untuk big skutik bermesin hampir 600 cc. Bandingkan dengan Yamaha TMAX yang terakhir dijual lebih dari Rp 220 juta, apalagi BMW C 650 GT yang di atas Rp 500 juta!

Namun sebelum memutuskan meminang skutik asal Taiwan ini, ada baiknya simak hasil test ride OTOMOTIF kali ini. Dikupas tuntas untuk memberi gambaran calon pembelinya.

Yuk disimak!   (Tim OTOMOTIF)

Test Ride SYM MAXSYM 600i ABS
 

Desain

Tampangnya besar dan lebar berbalut desain yang menyiratkan kesan elegan, terlihat dari garis bodi yang melengkung kalem. Apalagi dibumbui lampu utama yang besar dan ada DRL (daytime running light) dengan LED titik memanjang. Balutan warnanya yang polos pun menyiratkan kesan elegan pada MAXSYM 600i ini.

Test Ride SYM MAXSYM 600i ABS
 

Fitur & Teknologi

Sebagai besutan yang didesain untuk memberikan kenyamanan, fitur pertama yang sangat mendukung adalah jok dengan ukuran lebar dan busa tebal. Makin nyaman karena dikasih sandaran pinggang, termasuk juga untuk penumpang belakang. Sayang yang belakang ini sudutnya kurang pas, malah miring ke depan.

Kenyaman juga didukung windshield tinggi untuk mengalihkan angin ke atas. Buat pemukim di daerah dingin seperti di dataran tinggi Dieng atau Bromo, ada fitur ventilasi udara hangat yang terletak di dek tengah, bentuknya seperti kisi-kisi AC di mobil.

Tapi untuk daerah panas seperti Jakarta sebaiknya ditutup saja, tanpa itu saja sudah panas! Fitur andalan berikutnya tentu bagasi, untuk membuka joknya cukup pencet tombol kuning di setang kiri.

Test Ride SYM MAXSYM 600i ABS
Pencet tombol untuk buka jok
Test Ride SYM MAXSYM 600i ABS
Bagasinya enggak terlalu gede ya?

Namun untuk ukuran skutik yang berbodi bongsor, bagasinya termasuk kecil, karena sisi depan kemakan ruang untuk mesin. Memasukkan helm pun mesti pakai trik diputar-putar dahulu, petunjuknya ada di dinding bagasi.

Masih bicara tempat penyimpanan, di bawah setang juga ada 3 konsol namun ukurannya kecil, botol air minum 600 ml saja enggak masuk. Pada konsol yang bawah, ada power outlet yang bisa untuk mengecas smartphone.

Test Ride SYM MAXSYM 600i ABS
Konsol lainnya banyak, tenang aja bro!

Berikutnya MAXSYM 600i ini dibekali rem yang teramat pakem, karena depan andalkan dobel cakram yang tiap sisi dijepit kaliper 4 piston radial.

Pakem banget namun tuasnya saat ditarik ada jeda sesaat sebelum rem bereaksi. Sedang belakang lebih responsif kendati hanya pakai kaliper satu piston. Oiya rem ini pakai ABS, jadi lebih aman. Ada pula rem tangan, letaknya di bawah setang sisi kanan.

Untuk peredaman, depan pakai suspensi teleskopik panjang seperti motor sport berdiameter 41 mm, sedang belakang pakai suspensi ganda yang bisa setel pre-load. Ban pakai ukuran belang, depan ring 15 sedang belakang 14 inci.

Panel spidometernya sangat besar dan info yang disajikan cukup lengkap, dari kiri ada fuelmeter, spidometer, takometer dan suhu. Di tengah ada MID berisi tanggal, odometer, tripmeter, voltmeter dan sebagainya. Layar MID ini negative display yang saat siang terlalu redup, angkanya kurang jelas.

Dari sisi mesin, andalkan 1 silinder berkapasitas 565 cc dengan konstruksi SOHC 4 klep berpendingin cairan. Radiatornya ada di belakang ban depan. Sistem pasokan bensin sudah injeksi. Penyaluran tenaga lewat transmisi CVT.

Test Ride SYM MAXSYM 600i ABS
Cakram kanan-kiri
Test Ride SYM MAXSYM 600i ABS
Radiatornya ada di belakang ban depan

 

Halaman 1 2 3

EDITOR

Dimas Pradopo

TERPOPULER

Top