Kamis,13 April 2017 19:30 WIB

Penulis: Fariz

Ban Radial Bisa Untuk Bebek dan Skutik? Ini Jawabannya

Foto: Fariz

Ban radial IRC Tire RMC 810 hanya untuk motor sport 150 sampai 250 cc

Karawang - Kemarin (12/4) PT Gajah Tunggal Tbk sebagai produsen ban sepeda motor IRC Tire di Indonesia dengan lisensi dan dukungan teknis dari Inoue Rubber Company (IRC) Jepang secara resmi meluncurkan ban sepeda motor radial tipe radial untuk motor sport. Bagaimana kalau ban radial juga dipakai di motor tipe bebek dan skutik, bisa kah?

"Bisa aja untuk skutik dan bebek namun harganya pasti akan sangat mahal. Lagipula ban tipe radial lebih enak untuk motor dengan tenaga besar dan punya kecepatan tinggi," ujar Arijanto Notorahardjo selaku EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Tbk. 

"Apalagi kalau dipakai untuk pelan-pelan terlebih yang pakai adalah ibu-ibu yang sein kiri belok kanan, kan sayang banget bannya hehe..." candanya. 

Oekh karenanya ban radial terbaru IRC RMC 810 yang diluncurkan di Proving Ground Gajah Tunggal, di Karawang, Jawa Barat hanya tersedia untuk segmen motor 250 cc dengan ukuran 110/70 - 17, ukuran 140/70 - 17, dan 150/60 - 17. 

Bagi orang awam mungkin agak sulit untuk membedakan antara ban tipe bias atau radial, "Kecuali diangkat karena ban radial lebih enteng dan ada logo R atau Radial pada dinding ban," lanjut pria ramah ini. 

Perbedaan utama antara ban radial dengan ban bias radial terletak pada konstruksinya. Konstruksi ban radial bersudut 90 derajat dan menggunakan lapisan dari serat baja. Sedangkan konstruksi ban bias bersudut 45 derajat dan menggunakan serat nilon. 

Sedang keunggulan ban tipe radial diantaranya adalah, "Lebih enteng dan punya heat ressistenc build up lebih lama,

 juga lebih stabil untuk kecepatan tinggi," ungkap Arijanto. (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

TERPOPULER

Top