Selasa,18 April 2017 09:23 WIB

Penulis: otomotifnet

Cara Setel Suara Klakson, Cuma Modal Dua Kunci!

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Cara Setel Klakson Cuma Modal Dua Kunci!

  • Foto: Aant/otomotifnet

    gbr. 1

  • Foto: Aant/otomotifnet

    gbr. 2

  • Foto: Aant/otomotifnet

    gbr. 3

  • Foto: Aant/otomotifnet

    gbr. 4

Jakarta - Klakson buat bikers Indonesia jadi salah satu perangkat yang kinerjanya wajib prima. Terutama di jalan ramai seperti Jakarta, yang pengendaranya banyak yang suka main slonong entah menyebrang atau bahkan potong jalur, jadi suara “din-din” diperlukan untuk memberi peringatan. Bagaimana jika suaranya mendadak sember?

“Jika suara klakson sember atau mengecil, tenang bisa disetel kok,” saran Agustinus Purwanto dari bengkel Nero Speed. Menurutnya seiring usia motor memang suara klakson kelamaan bisa menurun, makanya mesti disetel ulang.

Meski begitu, sebelum menyetel, mekanik yang biasa disapa Agus ini mewanti agar sebelumnya cek dahulu kondisi aki. “Jika aki tidak sehat, tegangan kurang dari standar, maka juga bisa bikin suara klakson sember,” terangnya.

Bila kondisi aki prima bertegangan di atas 12 volt, maka bisa dilanjutkan menyetel klaksonnya.

“Alatnya cuma 2, kunci pas 5,5 dan obeng plus (gbr.1),” lanjut mekanik yang bermarkas di Bancarkembar, Purwokerto, Jateng ini.

Proses penyetelan ternyata mudah, pertama kendurkan mur pengunci pakai kunci pas ukuran 5,5 (gbr.2), kemudian minta bantuan teman untuk menekan tombol klakson (gbr.3).

“Lalu putar perlahan bautnya (gbr.4) untuk cari suara yang paling nyaring,” terang mekanik 37 tahun ini. Jika sudah ketemu suara ternyaring, tinggal kencangkan mur penguncinya. Beres deh!

Mudah banget kan? Diiiiinnn... Aant/otomotifnet.com

EDITOR

Dimas Pradopo

TERPOPULER

Top