Jumat,14 April 2017 16:45 WIB

Penulis: Fariz, Dimas Pradopo

Lengkap Perbedaan dan Keunggulan Ban Radial Ketimbang Ban Bias, Apa Saja?

Foto: Fariz

Bukan cuma harganya lebih mahal, ban radial IRC RMC 810 ternyata punya banyak keunggulan dibanding ban bias biasa

Karawang - Ketika PT Gajah Tunggal Tbk sebagai produsen ban sepeda motor IRC Tire di Indonesia secara resmi meluncurkan ban sepeda motor radial RMC 810 di Proving Ground Gajah Tunggal, Karawang, pasti banyak yang bertanya-tanya. Apa sih keunggulan ban radial? dan apa perbedaannya dengan ban yang biasa dipakai pada motor-motor kecil di Indonesia?

Ternyata perbedaan kedua jenis ban ini ada pada konstruksinya. Yang tentunya, baik ban radial maupun ban bias memiliki keunggulan sesuai dengan kebutuhan pemakainya.

Ban radial IRC Tire RMC 810
 

BAN BIAS
Ban bias atau disebut juga sebagai ban cross ply, konstruksinya terdiri dari beberapa lapisan ply cord (kain ban) yang diletakan secara diagonal dan bersilangan. Sudutnya kurang dari 90 derajat dari garis tengah ban. Semakin banyak lapisan, ban akan semakin kuat menahan beban

BAN RADIAL
Sedang ban radial adalah pengembangan teknologi dari ban bias. Ban radial memiliki ply cord bersudut kurang lebih 90 derajat terhadap garis tengah ban. Tapi memiliki lapisan steel belt atau sabuk baja di atasnya. Steel belt ini membuat konstruksi ban lebih rigit dan kekar

Karena lebih rigit dan kekar, daya cengkramnya ke aspal pun lebih sempurna. Terlebih dalam kondisi menikung, feeling handlingnya jadi lebih mantap karena daya cengkram yang lebih baik.

"Karena konstruksinya itu, ban radial akan lebih enteng. Ban jenis ini juga lebih stabil untuk kecepatan tinggi. Arijanto Notorahardjo selaku EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Tbk

Selain itu ban radial juga memiliki keunggulan soal kenyamanan. Karena lapisan ply cord-nya tidak sebanyak ban bias, maka dinding ban radial lebih lentur atau empuk. Makanya ban radial lebih nyaman dibandingakan ban bias.

Soal umur pakai juga ada bedanya. "Umur pemakaian ban OEM tipe bias yang IRC RX01 untuk motor sport 150 dan 250 cc kurang lebih 12.000 km. Sedangkan yg radial ini lebih panjang 20% sekitar 15.000 km," tutur pria ramah ini.

"Umur lebih panjang karena dari konstruksinya pakai aramyd belt bikin panas di dalam ban lebih lama naiknya," tutupnya. Wah banyak juga ya!

Apa sih keunggulan ban radial? dan apa perbedaannya dengan ban yang biasa dipakai pada motor-motor kecil di Indonesia?
 

Ban radial IRC RMC 810 disiapkan untuk motor sport 250 cc. Ukurannya beragam, ada satu pilihan untuk ban depan dan dua untuk ban belakang. Berapa harganya?

Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk Jakarta adalah sebagai berikut;
Ban depan, 110/70-17 : Rp 730.000
Ban belakang, 140/70-17 : Rp 970.000
Ban belakang, 150/60-17 : Rp 1.010.000

Ukuran tersebut memang klop banget untuk motor sport 250 cc yang pasarnya cukup digemari di Indonesia. Motor-motor sekelas Yamaha YZF-R25, MT25, Kawasaki Ninja 250, Z250 sampai Ninja 250SL atau Honda CBR250RR dan KTM Duke 250 bisa mengaplikasikannya. (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

TERPOPULER

Top