Kamis,16 Maret 2017 10:15 WIB

Penulis: otomotifnet

Nih Perawatan Sirkulasi Oli Mesin Motor, Jangan Anggap Remeh Bisa Bikin Mesin Jebol!

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Ini contoh saringan oli mesin tipe kertas milik Kawasaki, tidak dibersihkan tapi langsung ganti

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Nih saringan oli tipe screen seperti kasa atau jaring, bersihkan cukup semprot bensin jangan sampai mampet

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Bikin deras semprotan oli CB150 StreetFire dan New Sonic 150R bisa pakai gigi pompa oli milik Honda CS1

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Ini dia oli dari Honda tipe SPX1 berkapasitas 1,2 liter untuk mesin K56, jangan cuma isi 1 liter ya!

Jakarta - Perawatan sirkulasi oli mesin motor wajib dilakukan, jangan anggap remeh karena bisa bikin mesin jebol jika perjalanan oli tidak lancar.

Dalam kerjanya, pompa oli berfungsi untuk memompa pelumas mesin pada crankcase agar bisa mencapai kepala silinder dan bagian lain dalam mesin. Tentu saja untuk membuat seluruh bagian yang bergesekan dapat terlumasi sempurna, bukan cuma gear box tapi sampai ke noken as dan piston.

Salah satu cara untuk menjaga semprotannya, bisa dengan melakukan perawatan berkala. Lazimnya komponen berputar yang terkena cairan panas pasti ada perawatannya.

“Seperti mechanical seal, balance rotor, dan clearance housing-nya. Perawatan bisa dengan membersihkan filter olinya, karena tidak ada filter yang free maintenance,” buka Sena Ponda dari bengkel Sinergi Motor.

“Kalau pompanya bagus tapi saringannya mampet ya sama saja, akan jebol. Karena sudah beberapa motor tipe Honda terbaru mesin rusak karena hal ini di bengkel kita, saat dicek ternyata oil screen banyak banget kotoran,” sambungnya sambil mengingatkan bagian ini sering terlewat.

Sebagai contoh untuk pembersihan filter oli tipe screen pada mesin Honda K56 (mesin yang basiknya dipakai di All New CBR150R, CB150R StreetFire, New Sonic 150R dan New Supra GTR150) bisa tiap 2-4 kali penggantian oli.

“Misal ganti oli tiap 4.000 km jadi pembersihan oil screen bisa tiap 8.000 km atau 16.000 km,” lanjutnya. Bahkan dalam tahap ekstrim untuk keperluan balap misalnya, kopling kerap gosong.

Perawatan Sirkulasi Oli Jangan Anggap Remeh
Flter oli tipe screen wajib bersih agar sirkulasi lancar

Beberapa ditemui di Sonic 150R seperti diutarakan Freddy A Gautama pemilik workshop dan tim balap Ultraspeed Racing. “Kalau ini bisa jadi karena oli kurang, karena yang dibutuhkan seharusnya 1,1 – 1,2 liter. Terkadang bengkel isinya hanya 1 liter,” ucapnya.

Oleh karena itu, Honda telah menyediakan oli mesin berkapasitas 1,2 liter khusus untuk varian mesin K56 seperti. Selain filter oli tipe ini ada juga yang tipe kertas, kalau ini sih tidak ada pembersihan tapi langsung diganti. Tiap motor umurnya bisa berbeda.

Jadi jangan anggap sepele ya! (Fariz / Otomotifnet.com)

Sinergi Motor 087783065999
Ultraspeed Racing 0817858080

EDITOR

Dimas Pradopo

Top