Rabu,29 Maret 2017 17:43 WIB

Penulis: otomotifnet

Pasang Disc Brake Belakang Yamaha Aerox 155 VVA Ada Dua Opsi, Yuk Bongkar!

  • Foto: fariz

    Pasang Disc Brake Belakang Yamaha Aerox 155 VVA Ada Banyak Opsi, Mau Yang Mana?

  • Foto: Fariz

    Dream Garage pasang pakai teromol jari-jari karena kejar tampilan Thailook. Agar repot karena pakai teromol Vario 125

  • Foto: Fariz

    Enggak mau repot modifikasi teromol? Bisa pakai keluaran VND ini, khusus untuk NMAX bisa masuk di roda belakang Aerox 155

  • Foto: Fariz

    Fat Motorsport pilih pelek RCB ring 14 di Aerox-nya. Karena enggak langsung lurus dengan roda depan, bagian ini perlu dipapas sedikit

  • Foto: Fariz

    Oiya, area ini juga terlihat kopong, masih cari akal untuk menutupnya

  • Foto: Fariz

    Pakai arm NMAX dan butuh adaptor kaliper karena pakai kaliper aftermarket

  • Foto: Fariz

    Bisa juga pakai arm standar tapi butuh plat setebal 8 mm yang dibentuk sesuai arm Aerox 155 untuk dudukan kaliper

  • Foto: Fariz

    Pakai master NMAX, biar keren bisa pasang handle variasi

Jakarta - Yamaha Aerox 155 VVA sudah sporti abeeees, tapi sayang rem belakangnya masih teromol. Bisa kali dibikin cakram! Setidaknya sudah ada dua bengkel yang bikin. Garapan Dream Garage (DG) dan Fat Motorsport (FM).

Yuk lihat trik pasangnya! Sigit, (Fariz / Otomotifnet.com)

Pelek & Disc Brake

Paling pertama yang harus dipikirkan adalah memasang piringan cakram pada peleknya. Karena konsepnya Thailook, tim DG memasang disc brake belakang pada teromol jari-jari Honda Vario 125 yang punya kesamaan lubang as roda dengan Aerox 155.

“Teromol harus dimodifikasi bagian belakangnya, ditambah daging pakai las aluminium dan dibuatkan dudukan untuk disc brake,” terang Danny Satria, Kepala Mekanik DG.

Kalau enggak mau repot, sebenarnya sudah ada teromol VND yang plug and play (PnP) dengan as roda dan dudukan cakram NMAX atau Aerox 155. Harganya Rp 950 ribu, dijual di toko Cen128 Kebon Jeruk III, Jakbar.

Beda lagi dengan FM yang memilih menggunakan pelek palang. Pilihannya jatuh pada merek RCB ring 14 yang aslinya untuk Yamaha NMAX. Tapi pemasangan tidak bisa langsung pasang karena harus ada sedikit penyesuaian.

“Pelek bisa langsung terpasang tapi gak lurus. Makanya harus dipapas sedikit bagian pelek dekat as roda supaya ban bisa lurus sejajar,” jelas Wiryawan owner FM.
 Setelah itu cakram dan pelek sudah terpasang sempurna, yang menjadi permasalahan saat ini adalah bagian kiri yang menjadi dudukan kampas rem belakang bawaan Aerox 155 jadi terlihat ‘kopong’.

“Nah ini dia masalahnya jadi terlihat kurang enak, nantinya mau coba pakai tutup gearbox NMAX siapa tahu bisa, hehee...” akunya. Sedang untuk cakramnya sendiri, bisa comot standar Yamaha NMAX, atau pilih part aftermarket yang khusus NMAX yang banyak dipasarkan.

Braket Kaliper

Lalu dimana kaliper akan bertengger? “Tinggal comot swing arm milik NMAX sudah ada dudukan kalipernya,” beber Danny yang bertubuh tambun ini. Tapi harus ada sedikit penyesuaian.

Sebelum dipasang, lubang baut swing arm yang posisinya paling depan yang menempel ke crank case harus dicoak sedikit. “Sekitar 3-4 mm agar saat dipasang bisa lebih maju, ini karena swing arm NMAX ini lebih panjang dari Aerox 155, fungsinya agar posisi sokbreker belakang jadi sejajar,” terangnya.

Dan karena menggunakan kaliper aftermarket, maka perlu dibuatkan adaptor agar dudukannya pas dengan braket kaliper di arm NMAX. Sedang FM mempertahankan arm bawaan motor. Sebagai dudukan kaliper belakang pria ramah ini membuatkan plat tebal, “Pakai besi plat setebal 8 mm sebagai dudukan kalipernya,” beber Wiryawan.

“Platnya dibuat membentuk arm Aerox 155, jadi ngemal terlebih dahulu pakai kardus baru bawa ke tukang bubut,” sambungnya. Selanjutnya pria yang bengkelnya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur ini memasangkan kaliper RCB 2 piston dengan cakram bawaan Yamaha NMAX.

Master Rem

Untuk master rem bisa comot pakai motor lain yang punya mekanisme hidrolis di tuas kirinya. Paling gampang sih beli saja master rem NMAX, harganya berkisar Rp 377 ribuan.

EDITOR

Dimas Pradopo

TERPOPULER

Top