Minggu,5 Maret 2017 14:59 WIB

Penulis: otomotifnet

Pilihan Injector & Carbon Cleaner Motor Yang Tinggal Tuang, Gampang Pakainya!

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Pakainya mudah, tinggal tuang saja!

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Kotoran yang menyumbat lubang injektor bikin mesin susah langsam

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Khusus motor juga ada STP dari Amerika, harganya cuma Rp 30 ribu saja

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Injector cleaner buatan Yamaha ini dijual Rp 27 ribu, beli di bengkel resmi Yamaha

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Pakai punya mobil juga bisa, yang penting sesuaikan volumenya

Jakarta - Jika injektor kotor, semprotannya enggak akan sempurna. “Kotoran di lubang injektor akan menghalangi bensin yang lewat, makanya jadi susah langsam dan akselerasinya juga tersendat,” buka Sudirjo, kepala mekanik Anjany Racing.

Menariknya, kini banyak pilihan yang tidak mengharuskan membersihkan injektor dan ruang bakar dikerjakan di bengkel. Bisa dilakukan sendiri karena di pasaran sudah tersedia injector & carbon cleaner yang tinggal tuang.

Yup, cairan pembersih ini dituang ke tangki bensin. Langsung bekerja ketika masuk ke saluran bahan bakar termasuk injektor. Asyiknya, ruang bakar seperti klep dan piston juga ikut jadi bersih.

“Ya, kita menyiapkan injector cleaner khusus untuk pengguna motor yang ingin membersihkan sendiri kala santai di rumah,” buka Novianto Kurniawan, Supervisor Marketing Plan & Promotion Division Spareparts PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

“Ideal dibersihkan pakai cairan ini setiap 3.000 km,” sambung Opi panggilan akrab pria ramah ini. Hal yang sama diamini Suhendra, Promotion Manager PT Laris Chandra selaku Distributor resmi STP di Indonesia.

“Idealnya sekitar 3.000 km pakai STP Carbon Cleaner. Cairan ini mampu menjaga injektor terbebas dari varnish dan karbon yang menghambat sirkulasi bensinnya. Efeknya, tarikan motor jadi lebih enteng dan otomatis jadi lebih hemat bensin,” bebernya.

Karena didesain untuk sepeda motor, kemasan injector & carbon cleaner ini sudah didesain mini. Berkapasitas 75 ml tinggal dituang saja ke dalam tangki yang kapasitasnya 3 sampai 5 liter bahan bakar, setelah itu motor dipakai seperti biasa.

Bisa Pakai Punya Mobil?

Sebenarnya, cairan injector & carbon cleaner untuk mobil jauh lebih beragam mereknya, bisa dipakai juga buat motor? “  “Bisa saja, asalkan pakai yang untuk mesin bensin, bukan diesel.

Untuk mencampurnya, volumenya mesti dikurangi,” jelas David Tanjung, Manager Toda di bilangan Radio Dalam, Jaksel. “Jika satu botol injector cleaner yang berisi 473 ml ini bisa digunakan untuk 40 liter bensin, jadi cukup digunakan 118 ml untuk 10 liter bensin di tangki motor sport,” sambungnya lagi.

Gampang kan! (Sigit / Otomotifnet.com)

Yamaha Carbon cleaner 75 ml : Rp 27 ribu
STP Carbon Cleaner 60 ml : RP 30 ribu
Max44 473 ml : Rp 118 ribu
Redline 443 ml : Rp 148 ribu
Top 1 Power booster 500 ml : RP 82 ribu

EDITOR

Dimas Pradopo

Top