Kamis,16 Maret 2017 14:30 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

Wow! 2019 Dorna Akan Buat MotoGP Versi Motor Listrik

Foto: Morebikes.co.uk

Dorna Motorsport akan hidupkan kembali seri balap motor listrik pada 2019

Jakarta - Sebuah kejutan untuk para pecinta balap di dunia diberikan CEO Dorna Motorsport, Carmelo Ezpeleta, selaku promotor MotoGP. Ia menyatakan tahun 2019 akan ada ajang balap MotoGP versi motor listrik.

"Kita akan menyelenggarakan race electric segera. Ini akan diberi label seri ekologis. Tetapi ini bukan kejuaraan dunia," tutur Ezpeleta dikutip dari media Inggris, Morebikes.

Ajang balap motor listrik ini akan mempertemukan dua kelas berbeda, di mana tim MotoGP akan dihadapkan tim dari Moto2. "Total peserta di grid ada 18 tim. 14 tim independen kami ambil dari MotoGP. Sementara slot 4 tim tersisa akan kami ambil dari Moto2," lanjut Ezpeleta.

CEO Dorna Motorsport Carmelo Ezpeleta
CEO Dorna Motorsport Carmelo Ezpeleta

Dorna Motorsport akan menyelenggarakan seri balap listrik ini pada 2019 nanti, untuk menggantikan seri FIM e-Power Championship yang sudah tidak digelar lagi.

Untuk permulaan, akan ada lima seri balap motor listrik pada 2019 nanti. Di mana setiap race dibatasi sampai 10 lap saja. Ajang balap ini juga didukung sebuah perusahaan listrik yang akan membawa stasiun-stasiun pengisian baterai ke lingkungan sirkuit.

"Demi mendukung kegiatan balapan ekologis itu, kita akan bekerjasama dengan perusahaan penyedia pengisian listrik ke setiap sirkuit. Untuk sementara setiap race hanya akan ada 10 lap,” beber Ezpeleta.

Sebagai pemasok unit motor listrik, Ezpeleta mengklaim sudah ada dua pabrikan yang bersedia. Wah, semoga sukses ya.(Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top