Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tematis MPV & Van Di Indonesia

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: bln

Filename: helpers/timedate_helper.php

Line Number: 101

Selasa, 00 0000 00:00 WIB

Toyota Kijang Innova V M/T Vs Honda Freed PSD

Penulis : arseen

 

OTOMOTIFNET - Seberapa mencekam jika Best of the best MPV Toyota Kijang Innova dan Honda Freed yang Best Van terbaik merangkap Car Of The Year 2010 versi OTOMOTIF, dipertemukan layaknya duel piala dunia.

“Pasti seru. Mungkin kayak timnas Inggris ketemu Italia. Tul gak? “ tebak Hardi, otomania yang soccer freak saat ketemu OTOMOTIF di siaran langsung Kick Off World Cup Soccer di Electronic City, SCBD, Jaksel, (11/6 lalu) Ah masak iya?

Ceritanya begini, pesona Innova layaknya timnas Inggris yang bermain dengan tempo cepat kick and rush menusuk ke pertahanan lawan. Tujuan utamanya hanya memuaskan penggemarnya dengan gol. Lihat saja mulai dari desain luar Innova yang simpel dan lurus memikirkan fungsional sebagai kendaraan keluarga.

Jelas beda dengan Freed yang bermain dengan lebih banyak seni layaknya timnas Italia. Gol memang yang utama, namun bola perlu diolah dan dimainkan sedemikian rupa. Ini sebelum akhirnya mengundang tepuk tangan pecintanya dengan gol indah. Seperti ibarat, tarikan garis desain bodi hingga buritan dan rear lamp. Begitu juga dasbor yang dibuat bertingkat dengan konsep open cafe. Fashion bisa berakhir pada fungsional juga!

Ah world cup soccer fever bikin ngelantur! Baiknya kita simak kondisi tes sesungguhnya. Menang-kalah bukan yang utama, terpenting yang mana paling cocok dengan kebutuhan Anda.

 
Fitur Innova lebih komplet, semburan ac terbukti lebih merata di setiap baris bangku

FITUR
Penilaian berbalik kala keduanya berikut harus beradu fitur. Sama-sama dilengkapi MID komplit, dan konfigurasi bangku captain seat. Poin Innova unggul berkat kelengkapan teknologi.

Innova punya kelebihan pada panel meter optitron yang mewah, sekaligus AC double blower yang merata di tiap baris bangku, plus Auto Cooler. Apalagi setir Innova telah dilengkapi dengan steering switch yang memudahkan pengemudi.

Sementara Freed cukup mengandalkan sliding door canggih yang memudahkan penumpang, plus audio yang sanggup memutar beragam format hingga soket USB.

Padahal, tingkat keamanan keduanya sudah cukup mumpuni dengan hadirnya teknologi rem dengan ABS dan EBD.

 
Tampilan atraktif Freed lebih menggoda dari Innova yang telah berusia 6 tahun

Teknologi mesin terkini. Akselerasi dan kecepatan bukan yang utama

STYLE
Bukan masalah berarti menentukan style terbaik dari kedua mobil serbaguna ini. Innova yang sejak muncul pada 2004 belum mengalami major change harus berbesar hati menyerahkan poin pada Freed.

Tampilan Freed berhasil membangun image baru untuk sebuah MPV, termasuk menarik penggemar baru dari kalangan keluarga muda Indonesia. Terbukti dari banyaknya respon dan pertanyaan, bahkan rela berhenti di pinggir jalan ketika OTOMOTIF melakukan sesi foto karena bodi mungilnya yang eye catching.

PERFORMA
Soal laju tunggangan, tentu cukup banyak perbedaan antara keduanya. Maklum bobot dan dimensinya pun berbeda. Dengan dimensi lebih besar dan bobot lebih berat, Kijang Innova tentu masih kalah cepat akselerasinya ketimbang Honda Freed yang lebih enteng.

Tetapi, buat MPV, kecepatan akselerasi bukan segalanya. Ada hal lain, Innova yang torsinya lebih besar, karena volume mesinnya pun lebih gede, cukup andal mengangkut orang dan barang lebih banyak ketimbang Freed.­

 


 

Performa ( detik ) Innova Freed
0 -100 km/jam 13,4 12,7
40 - 80 km/jam 5,7 5,8
0 - 402 m 19, 2 18,5

KENYAMANAN
Bobot Innova yang lebih berat membuat mobil ini lebih mantap menerjang jalan buruk. Sementara Honda Freed memiliki karakter suspensi lebih sporti. Keduanya punya bantingan empuk, namun karakternya memang berbeda.


Jok Innova lebih besar ketimbang Freed

Jok Innova memiliki busa yang cukup tebal sehinggat terasa lebih empuk. Sedangkan Honda Freed menawarkan kenyamanan maksimal pada jok King and Queen seat dengan sandaran tangannya.

Sedangkan pendingin ruangan pada Innova menawarkan embusan angin buat setiap baris kursi. Sedangkan pada Honda Freed, kisi-kisi AC hanya tersedia pada dasbor saja.

KONSUMSI
Nah, giliran minum-meminum bensin nih. Banyak hal yang bisa memengaruhi konsumsi bahan bakar pada keduanya. Baik Innova maupun Freed sudah menggunakan teknologi hampir sama, seperti mesin injeksi, drive by wire atau disebut juga throttle by wire, memungkinkan asupan bahan bakar dan udara disetel otomatis sesuai kebutuhan mesin.

Namun lagi-lagi, faktor kapasitas mesin yang lebih besar terbukti lebih haus bensin ketimbang yang kecil. Lantas bobot dengan penggunaan ladder frame pun membuatnya lebih berat ketimbang sasis monokok seperti pada bodi Freed.

 
Meski bagasi tak jauh beda lebarnya, secara keseluruhan ruang kabin Innova lebih lega

AKOMODASI
Membuka pintu bagasi Honda Freed dan Toyota Kijang Innova, langsung terlihat persamaan dan perbedaannya. Yang sama adalah menggunakan sistem jok belakang dilipat ke atas.

Hal ini membuat keduanya punya dimensi lebar bagasi yang mirip, Innova 78 cm dan Freed 72 cm. Bedanya, Honda Freed punya lantai lebih rendah dan bagasi cukup tinggi (112 cm) ketimbang Innova (96 cm).

Sedangkan buat kompartemen penumpang, harus diakui Innova punya ruang lebih lega. Baik buat penumpang depan, tengah maupun belakang. Honda Freed meski punya fitur sliding pada kursi depan dan tengahnya, tetap tidak selega ruang kaki Innova.

HARGA
Price list dari authorized dealer Toyota, menyebutkan harga Innova V M/T Rp 260, 6 juta(on the road). Sedang Honda Freed PSD Rp 258 juta(on the road). Boleh minta diskon? Boleh saja! OTOMOTIF menjadi misteri buyer ke beberapa showroom dua ATPM ini. Untuk Innova harga bisa ‘digoyang’ hingga Rp 5 juta. “Kalau serius nanti saya mintain diskon lagi deh ke kepala cabang,” terang seorang salesgirl yang manis itu.

Konsumsi BBM Innova Freed
Dalam kota 1/9 1/12
Konstan 100 km/jam 1/12 1/17
Luar Kota 1/11 1/13,8

Bagaimana harga Honda Freed PSD? Seperti yang dituturkan seorang salesman pameran di Mal Ambasador, Kuningan, Jaksel, 10 menit ngobrol sudah bisa memutuskan diskon sebesar Rp 22 juta. Kemungkinan masih bisa di follow up lagi.

Jangan lupa, keduanya masih menawarkan bonus seperti kaca film, karpet dasar hingga peredam.

Kesimpulan
Innova Freed
Performa * * * * *
Konsumsi bbm * * * * *
Style * * * * *
Kenyamanan * * * * * * * *
Fitur * * * * * * *
Akomodasi * * * * * * *

Data Spesifikasi

Toyota Kijang Innova V M/T

Panjang keseluruhan: 4.580 mm
Lebar keseluruhan: 1.770 mm
Tinggi keseluruhan: 1.745 mm
Jarak sumbu roda: 2.750 mm
Ground clearance: 176 mm
Radius putar: 5,4 m
Kapasitas mesin: 2.000 cc
Tipe mesin: 4 silinder segaris 16V, DOHC, VVT-i
Tenaga maksimum: 136 dk/5.600 rpm
Torsi maksimum: 18,6 kgm/4.000 rpm
Bahan bakar: Bensin
Sistem suplai BBM: EFI
Kapasitas tangki: 55 liter
Transmisi: Manual 5-percepatan
Pelek dan ukuran ban: Alloy wheel, 205/65 R15

Honda Freed PSD
Panjang keseluruhan: 4.215 mm
Lebar keseluruhan: 1.700 mm
Tinggi keseluruhan: 1.735 mm
jarak sumbu roda: 2.740 mm
Ground clearance: 165 mm
Radius putar: 5,2 m
Kapasitas mesin: 1.500 cc
Tipe mesin : 4 silinder segaris, 16V, SOHC, I-VTEC
Tenaga maksimum: 118 dk/6.600 rpm
Torsi maksimum: 14,9 kgm/4.800 rpm
Bahan bakar: Bensin
Sistem suplai BBM: PGM-Fi
Kapasitas tangki: 42 liter
Transmisi: Otomatis 5-percepatan
Pelek dan ukuran ban: Alloy wheel, 185/65 R15

Penulis/Foto: Tim Otomotif / Salim olah digital

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here