Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Honda Mobil

Selasa, 05 Agustus 2008 12:17 WIB

Harga Sporing Balancing

Banyak yang sudah saatnya untuk memperbaiki setelan roda, bisa dikarenakan setir yang terasa selalu narik ke kiri atau ke kanan. Nah, tentunya perlu di spooring dan balancing. Biar enggak kejebur saat melakukan aktifitas itu di bengkel, perlu juga mengetahui pasaran harga spooring dan balancing.

Harga spooring biasanya dibedakan karena pekerjaan antar merek dan jenis mobil berbeda-beda. Untuk mobil yang hanya menyetel bagian depan, seperti minibus lawas akan lebih murah. Karena pekerjaannya yang lebih mudah. Untuk penyetelan 2 roda dikenakan biaya Rp 100 ribu. Sementara untuk yang harus menyetel keempat bagian roda, dikenakan biaya sebesar Rp 125 ribu.

“Kecuali Opel Blazer dan Ford Escape. Karena pekerjaannya lebih susah, biayanya jadi Rp 150 ribu,” ujar seorang penjaga bengkel khusus ban W&W di Jl. Arteri Kelapa Dua No. 83, Jakbar. Beda lagi mobil-mobil sedan lansiran Eropa macam Mercedes-Benz dan BMW, serta mobil minibus terbaru macam Toyota Alphard. Harga yang dikenakan untuk spooring bisa sampai Rp 175 ribu.

Kalau terasa saat menyetir ada getaran di kecepatan tertentu, kemungkinan ban sudah waktunya untuk dibalancing. Pekerjaan ini tergantung dari besaran diameter pelek. Untuk pelek kecil dengan ukuran 13 inci, harganya Rp 20 ribu. Semakin besar pelek, tentu harga akan ikut bertambah. Kisarannya untuk ukuran 14 inci sampai 17 inci, sekitar Rp 25 ribu hingga Rp 50 ribu. Dan di atas itu, hingga ukuran 22 inci bisa sampai Rp 70 ribu.

Bengkel khusus spooring dan balancing Nawilis kini menambah teknologi terbarunya untuk alat spooring mobil. Alat spooring dengan merek Ussman buatan pabrikan Siemens ini agak berbeda dengan cara yang lama. “Sistemnya menggunakan scanner seperti di bandara-bandara. Tujuannya agar mengurangi tingkat kesalahan yang dilakukan manusia dengan alat lama,” ujar Bambang Setyono, operation manager bengkel Nawilis yang terletak di Jl. Radio Dalam Raya No.3A-B.

“Teknologi ini masih benar-benar baru, unitnya sendiri di seluruh dunia hanya ada 18 unit. Untuk di Asia kita yang pertama kali menggunakannya,” lanjut Bambang lagi. Harga spooring dengan kamera ini memang belum terpasang, tapi Bambang memberikan kisaran harganya sekitar 2 kali lipat dibanding spooring cara lama.

Penulis/Foto: Rio

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage