Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Otobursa Mobil

Kamis, 22 April 2010 18:50 WIB

Mengenal Suzuki Vitara EPI 1994-1995, Harga Pasaran Rada Gelap

Penulis : Arseen

OTOMOTIFNET - Suzuki Vitara sejak diluncurkan di Indonesia tahun 1992 langsung banyak menarik perhatian. Menilik dapur pacu mengusung kapasitas mesin 4 silinder 1.600 cc 8 valve yang masih menggunakan sistem karburator.

Namun, tak banyak yang tahu kalau pernah ada juga Suzuki Vitara bermesin injeksi, atau yang lebih dikenal dengan Suzuki Vitara EPI.

“Diperkirakan Suzuki Vitara EPI ini hanya keluar dari Oktober 1995 sampai April 1995 dengan jumlah unit sekitar 300,”ujar Benyamin F. Fahmie, ketua bidang teknik Suzuki Jip Indonesia (SJI), yang memiliki 1 unit dari baru.

Mengadopsi sistem EPI (Electronic Petrol Injection) di atas kertas pasti lebih unggul dibandingkan dengan yang masih menggunakan sistem karburator.

Selain itu juga mesin stasionernya lebih merata dan konsumsi BBM-nya lebih irit ketimbang karburator. Sayang, Vitara EPI ini bisa dibilang langka, “Yang masih bisa dibilang layak pakai mungkin sudah nggak banyak,” ujar Benny, sapaan akrabnya.

Pasaran untuk Suzuki Vitara EPI ini juga boleh dibilang rada gelap. ”Untuk 1994 saja ada yang buka harga di Rp 67 jutaan, lalu keluaran 1995 bisa Rp 80 jutaan,” ujar Benny.


Penulis/Foto: Kyn / Kyn

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil