Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Mobil

Selasa, 04 Mei 2010 14:15 WIB

Sedan Penggerak Depan, Waspadai Bagian As Roda!

Penulis : Arseen


Kampas rem

As roda

Bushing arm

OTOMOTIFNET - KAMPAS REM
Tak pernah kapok untuk membahas kampas rem karena nyawa sangat bergantung pada perangkat deselerasi yang satu ini.

Jangan segan untuk mengganti kampas rem pada keempat roda. Bila perlu tebus kampas versi original untuk keselamatan dan keamanan.

Harganya tak seberapa, tetapi memiliki fungsi cukup vital untuk menghentikan laju mobil pada kecepatan tinggi.

Satu set kampas rem depan dipatok seharga Rp 370 ribu, sementara untuk belakang hanya Rp 207 ribu. Tinggal tambahkan ongkos kerja sang mekanik. Jangan lupa untuk mengecek kuantitas dan kualitas minyak rem.

AS RODA


Sedan berpenggerak roda depan punya kelemahan pada as roda. Apalagi bila rute sehari-hari banyak menghantam jalan berlubang atau bumpy. Belum lagi kebiasaan belok patah saat parkir di mal atau perkantoran.

Bila sudah ada indikasi bunyi-bunyi aneh saat setir belok, bisa jadi as roda mulai termakan zaman. Untuk varian Civic VTi, harganya cukup mahal karena material yang memang solid dan tahan banting. Versi genuine bisa dibanderol Rp 3 jutaan (perbuah). Itu belum termsuk ongkos bongkar pasang.

BUSHING ARM

Body roll saat bermanuver sangat dipengaruhi  tugas bushing arm depan dan belakang. Civic VTi yang sudah uzur dipastikan memiliki bushing arm sudah afkir.

Pilihan pengganti bisa dua macam, versi assembly yang di­paket lengkap de­­ngan ‘tulang paha’ alias arm set seharga Rp 1,7 juta atau ha­nya membeli upper arm saja sekitar Rp 500 ribu.

Versi pertama adalah untuk suku cadang genuine Hon­da sementara ka­ret bushing untuk pa­ket hemat versi aftermarket alias KW.

Penulis/Foto: Kl:X / Reza

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil