Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Mobil

Senin, 14 Juni 2010 08:58 WIB

Suzuki SX4 X-Over CBU, Inspeksi Di Tahun Ketiga

Penulis : arseen

OTOMOTIFNET - Tangguh, irit dan punya banderol terjangkau, bermodal Rp 150-155 juta bisa boyong Suzuki SX4 versi CBU (Compeletely Built Up) keluaran 2007. Kondisi jalan aspal yang bumpy dan berlubang bak rute pinggiran kota, membuat SX4 X-Over menjadi sahabat kaum commuter.

Meski begitu, jangan lengah. Apalagi kalau berusia 3 tahunan dan memiliki jam terbang tinggi. “Bisa jadi benar-benar dipakai sesuai peruntukkannya,” jelas Apendi, manajer servis Suzuki Kebon Jeruk, Jakbar Perhatikan detil agar tak kecewa saat budget untuk repair membengkak.

Lantaran masih impor dari negara asalnya, Jepang, banderol suku cadang bisa berbeda dengan versi CKD. Pastinya lebih mahal. Simak saja komponen di bawah ini, karena sangat mungkin tahun ini giliran Anda melakukan peremajaan.

BRAKEPAD
Karena terlahir CBU, sistem pengereman pun menjadi berbeda di soal spare parts. Meski rem belakang masih menggunakan versi drumbrakes alias teromol, kampas rem terbilang cukup mahal. Kampas rem belakang orisinal dibanderol Rp 450 ribu.

Sedangkan kampas rem depan yang menggunakan discbrake dihargai Rp 795 ribu. Biaya bongkar pasang sekaligus buang angin dari tabung master rem biasa dikenai charge sekitar Rp 250 ribu.

SOKBREKER
SUV kompak yang dilahirkan berkaki jangkung dan bersepatu alloy rims ring 16 inci ini, memiliki konstruksi suspensi yang unik dengan jarak travel cukup jauh.

Sepasang sokbreker depan yang sudah afkir seperti bocor atau ngempos bisa kena biaya penggantian sebesar Rp 1,2 juta perbuah. Artinya sepasang sok bisa Rp 2,4 juta.

Sementara sokbreker belakang yang juga tak kalah jangkung dibanderol mencapai Rp 780 ribu perbuah. Tinggal kalikan masing-masing dengan 2 buah.

Belum lagi kalau karet stopper sokbreker depan juga pecah, sekalian saja diganti dengan biaya Rp 80 ribu perbuah.

TUNE-UP KIT
Mesin VVT (Variable Valves Timing) berkapasitas 1.500 cc ini tergolong bandel. Meski usia pakai sudah memasuki 3 tahun, tak banyak keluhan berarti. Hanya saja, jangan lupa melakukan tune-up berkala untuk performa mesin selalu fit.

“Penggantian komponen seperti filter-filter, oli transmisi, busi hingga pengecekan minyak rem harus dilakukan berkala,” jelas Sarmilih, kepala bengkel Suzuki Pondok Indah. Filter oli diganti tiap 10 ribu kilometer, busi tiap 20 ribu kilometer dan filter udara tiap 20-40 ribu kilometer.

Tune-up besar Suzuki SX4 bisa menghabiskan dana Rp 1,2 juta (sudah termasuk biaya spare parts dan jasa). “Tetapi ini hanya patokan umum karena setiap mobil yang ditangani memiliki problem berbeda,” terang Sarmilih lagi.

Penulis/Foto: Daru, Dustin, KL:X / Reza, KLX

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil