Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tematis Persiapan Mudik Lebaran 2010

Rabu, 08 September 2010 11:33 WIB

Agar Mudik Aman, Pasang Ban Baru di Bagian Belakang!

Penulis : arseen


Gbr 1

OTOMOTIFNET - Ban pegang peranan penting kala mudik. Apa saja sih yang mesti dicek sebelum pergi mudik. "Paling gampang sih cek indikator TWI di dinding ban, tarik garis lurus, dan lihat tonjolan pada got ban (Gbr.1)," jelas Adang Apandi, product technical manager PT. Gajah Tunggal Tbk. Tonjolan setinggi 1,6 mm ini berfungsi sebagai penanda ta[pk sudah tipis.

Nah, kalau ganti ban tapi budget habis buat oleh-oleh mudik, bisa juga ganti ban 2 buah terlebih dahulu. Tapi jangan habis pasang ban terus ngebut.

"Ban baru punya kandungan silikon yang membuat ban licin. Jadi perlu proses breaking-in supaya lapisan silikon tersebut habis dan grip ban maksimal (Gbr.2)," terang Adang lagi. Prosesnya enggak ribet kok, cukup jalankan saja secara normal sekitar 300 km.

O iya, usahakan ban yang baru dipasang di bagian belakang. Prinsipnya sih masih demi safety. Misal pada kondisi pengereman, karena sudah mencapai grip maksimal, maka grip di ban depan semakin terbantu karena beban mobil yang pindah ke sisi depan. "Ketika hujan pun, pembuangan air ban belakang akan maksimal karena sebagian besar air sudah terbuang oleh alur ban depan yang masih bagus," lanjut pria asli Bandung, Jabar ini.


Gbr 2

Gbr 3

"Perhatikan juga cara mengencangkan baut ban secara silang supaya ban benar-benar menempel rapat dengan teromol (Gbr.3)," ulas Bambang Setyono, operation manager bengkel spesialis spooring Nawilis, Jaksel

Penulis/Foto: Rio / Salim

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage