Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Perawatan Mobil

Kamis, 16 September 2010 10:39 WIB

Biaya Tune-Up Bengkel Umum Mobil (Bag.1)

Penulis : arseen

OTOMOTIFNET - Bagi yang enggan cek di bengkel resmi, biasanya mobil-mobil keluaran lama, tak ada salahnya ambil alternatif pergi ke bengkel umum kepercayaan. Yang terpenting sebenarnya adalah kondisi kendaraan harus fit meskipun dilakukan di bengkel manapun. Apalagi di bengkel umum pun tak sekadar terima mobil lawas semata.

Menurut Matius Guinawan, pemilik Tri Tunggal Abadi, bengkel mobil umum di Jl. Letjend. Suprapto, Cempaka Putih, Jakpus. "Saya tetap memberikan pelayanan servis yang terbaik dengan tarif terjangkau buat pelanggan maupun konsumen baru," ungkapnya.

Soal biaya atau tarif, tak dipungkiri memang relatif lebih kompetitif dibanding di bengkel resmi mobil. Karena persaingan semakin ketat terutama dari kubu bengkel resmi. Soal jaminan hasil kerja hampir semuanya juga memberikan garansi.

Nah, pengin tau berapa biaya tune-up di bengkel umum, OTOMOTIF kasih panduan dari 5 bengkel umum mobil di 5 wilayah Jakarta.


Andi Motor

Pemukim kawasan Kelapa Gading, Jakut dan sekitarnya, bisa melakukan perawatan mesin mobil sebelum mudik di bengkel yang berlokasi di Pasar Mandiri, Kelapa Gading, Jakut ini. Andi, sang pemilik bengkel sekaligus toko onderdil ini, siap memberikan layanan tune-up khususnya buat varian mobil Korea Selatan macam Kia atau Hyundai.

"Background saya memang dari bengkel mobil Korea, tapi untuk varian mobil Jepang juga saya terima, karena proses pengerjaannya enggak berbeda," ujar Andi.

Sebenarnya Andi menawarkan paket khusus menjelang libur Lebaran ini, namun tidak dipublikasikan secara gamblang di bengkel yang menyatu dengan toko onderdil ini. "Kalau ada yang minta baru saya berikan, seperti tune-up berikut pengecekan dan pembersihan sistem bahan bakar," papar pria yang tinggal tak jauh dari kiosnya ini.

Paket tersebut ditawarkan dengan tarif Rp 200 ribuan, sudah berikut cairan pembersih yang digunakan. Namun jika memilih layanan tune-up regular, ongkosnya tak beda jauh yaitu Rp 150-200 ribu.


Tri Tunggal Abadi

Berlokasi di pinggir Jl. Raya Letjend. Suprapto No.22 A-B, Jakpus, bengkel Tri Tunggal Abadi siap meladeni pemilik mobil di kawasan Cempaka Putih dan sekitarnya. Meski tak menawarkan paket servis jelang libur Lebaran, Matius Guinawan tetap memberikan layanan terbaiknya.

Seperti biaya tune-up yang relatif terjangkau semua kalangan, lantaran dipatok mulai Rp 75-110 ribu. "Ongkos tune-up mobil Eropa memang lebih tinggi, Rp 110 ribu, karena perlu tools khusus buat mengerjakannya," jelas Matius.

Jenis layanan tune-up yang diberikan di bengkel ini meliputi pembersihan sistem bahan bakar (injeksi atau karburator), pengecekan busi berikut filter-filter termasuk air aki. Sementara untuk pengecekan kelistrikan mobil, tidak dipungut biaya tambahan.

Jika pengin sekaligus ganti oli, Matius menyediakan pelumas dengan API Service dan SAE lengkap. "Tapi kalau konsumen mau produk lain, bisa saya sediakan dan free ongkos jasa ganti oli " tandasnya.

Matius memang tak memberi garansi hasil tune-up. Namun begitu, jika konsumen merasa ada yang kurang beres, bisa balik kembali.

Penulis/Foto: anton / Anton

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage