Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Mobil

Selasa, 26 Oktober 2010 12:49 WIB

Mengenal Wiper Hybdir, Lebih Bagus Dari Model Frameless?

Penulis : arseen | Teks Editor : arseen

OTOMOTIFNET - Mumpung musim hujan yuk kita bahas wiper. Bicara bentuk luar wiper blade, tak ada yang lebih menggoda daripada tipe frameless. Kesan hi-tech dan aerodinamis tinggi hinggap di wiper standar sedan kelas atas ini. Sayang produk abal-abal aftermarket yang copy desain bikin rusak image.

“Pernah coba pakai tapi enggak bersih hapus air hujan. Ujung wipernya seperti melayang tidak menyentuh kaca,” terang Hardi yang mencoba aplikasikan ke Suzuki Baleno 2002. Meski begitu jika tetap kepincut, sebaiknya teliti baik-baik sebelum membeli.


Karet knock down berfungsi sebagai spoiler

Pilihan lain, yakni model hybrid yang baru saja dilepas oleh Wealthy, produsen wiper yang baru saja masuk pasar tanah air. “Tersedia buat semua jenis mobil,” terang Ryan, juragan Sekawan Jaya Motor yang mangkal di Plaza Atrium Senen, Jakpus.

Kalau melihat tampilan boleh diklaim terobosan dan pionir. Soalnya ini paduan model wiper konvensional yang menggunakan frame metal namun dibungkus dengan karet knock down sebagai spoiler udara. Sepintas mirip frameless namun punya kemampuan yang lebih baik lagi.

“Makanya kita sebut hybrid,” tambah Cin Kiang, importir Wealthy yang berkantor di Jakbar ini.

Desain frame metal sudah berubah dibanding model biasa. Yakni lebih tipis dan berhimpitan sehingga tekanan ke kaca lebih merata sampai ke ujung wiper. Material karet sudah menggunakan natural rubber yang dilapis graphite. Lapisan yang hydropobic ini tidak menyerap air sehingga enggak melar, mengeras dan bikin kaca baret. Harganya berkisar Rp 110-200 ribu perbuah.

Wealthy 021-58904296

Penulis/Foto: Anto, Bil / Salim

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil