Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Oto Tips Audio-Video

Selasa, 23 November 2010 09:28 WIB

Pasang Antena Tambahan Di Mobil, Perkuat Sinyal Radio Dan TV

Penulis : Anton | Foto : Anton

OTOMOTIFNET - Setiap mobil pasti sudah dibekali antena sebagai kelengkapan standar pada sistem audionya, untuk memperkuat kemampuan menerima sinyal radio FM (Frequency Modulation) dan AM (Amplitude Modulation).

Namun jika ingin memperkuat kemampuannya lagi dalam menerima sinyal frekuensi radio maupun siaran TV, terutama pada kondisi di jalur antar kota, bisa memasang sebuah antena tambahan lagi.Pasalnya versi ini sudah dibekali kemampuan untuk menangkap frekuensi UHF (Ultra High Frequency) maupun VHF (Very High Frequency).

Terlebih jika sudah mengganti head unit dengan tipe single DIN, atau DVD monitor untuk menonton siaran TV nasional maupun lokal. Pastinya kemampuan dalam menerima sinyal radio apalagi TV, antara bawaan mobil dengan versi aftermarket tadi sangat berbeda. 


Gbr 1

Gbr 2


Gbr 3


Gbr 4

Alternatif pilihannya kini dapat Anda peroleh dengan mudah di pasaran umum. Untuk tipe universal, yang bisa dipasangkan dengan semua jenis head unit maupun monitor aftermarket, yaitu antena belalang (memiliki 2 batang dalam satu braket) serta model kotak. Adapula yang berbentuk pipih memanjang, umumnya bawaan head unit monitor aftermarket yang sudah built-in TV tuner.

Menurut Eddy Susanto, instalatur Cartens Audio di sentra onderdil Duta Mas, Fatmawati, Jaksel, peruntukan antena model belalang lazimnya dipasang di luar kabin.

Cara pasangnya sangat mudah. Cukup direkatkan pada bagian yang hendak ditempeli antena tambahan tadi, biasanya di bagian sudut atap dekat backdoor (Gbr.1).     

Sementara untuk instalasi kabel yang menghubungkan dengan head unit/monitor, dapat diselipkan di dalam karet-karet pintu (Gbr.2), supaya tidak mudah tersangkut dan tampilannya lebih rapih.

Sedangkan untuk pemasangan antena tambahan di kabin, "Sebaiknya pakai yang model kotak, karena desainnya enggak dibikin kedap air," tandas Eddy.

Cara pasangnya langsung direkatkan pada kaca depan sebelah dalam di balik spion kabin. Perekatnya sudah tersedia di balik modul pakai double tape. Lantas kalau daya terima sinyal radio atau TV mendadak melemah, cukup memanjangkan antena dengan menarik batangnya sesuai kebutuhan (Gbr.3).

Instalasi pada head unit-nya sendiri, mesti benar dan tidak boleh salah menancapkan. Untuk antena khusus radio, hubungkan ke kabel input antena radio (Gbr.4).

Sementara buat antena multifungsi yang bisa menangkap sinyal radio berikut TV, tersedia 4 kabel buat dihubungkan ke input TV serta satu kabel lagi untuk ke kabel input radio (umumnya frekuensi FM).

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage