Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Komparasi Suzuki Splash vs Chevrolet Spark (bag-2)

Kamis, 02 Desember 2010 17:52 WIB

Komparasi Splash vs Spark, Splash Responsif, Handling Spark Stabil

Penulis : Bagja, Popo | Teks Editor : Popo | Foto : Popo


OTOMOTIFNET - Desain sudah, begitu juga dengan fitur serta kenyamanan di dalam kabinnya. Sekarang kita rasakan performa, handling serta konsumsi BBM dari dua cabe rawit asal Jepang dan Amerika ini, Suzuki Splash dan Chevrolet Spark.


Performa

Secara spesifikasi, kedua mobil mungil ini sama-sama dibekali mesin 1.197 cc. Suzuki Splash pakai mesin K12A, DOHC 4 siliner segaris dengan 16 klep. Sedang Chevrolet Spark mengusung mesin B12D, S-TEC II, 4 silinder segaris, DOHC, 16 katup dengan kapasitas mesin 1.206 cc.

Dengan kapasitas mesin yang sama, yakni 1.200 cc, juga transmisi manual yang sama-sama 5 speed. Tapi dua jagoan ini memiliki karakter yang berbeda ketika dikendarai.

Splash sangat cocok dikendarai ditengah lalu lintas kota yang padat, karena akselerasinya yang lebih responsif dibandingkan Spark. Mulai dari gigi satu sampai lima, tenaganya tetap mengisi.



Sementara Chevrolet Spark memang tak seresponsif Splash. Meskipun tarikan bawah tetap asik, tapi butuh rpm lebih tinggi untuk mengajak Spark berlari spontan. Begitu juga ketika dipacu di jalan tol, Spark hanya sanggup meraih kecepatan maksimal 145 km/jam saja, sedikit lebih lambat dari Splash yang mencapai 150 km/jam.

Oiya, saat melahap tanjakan, perhatikan putaran mesin jangan sampai terlalu rendah. Jaga di 25.00 sampai 3.000 rpm agar mobil bisa tetap menanjak dengan mudah.

Akselerasi Suzuki Splash
0-100 km/jam : 13,2 detik
40-80 km/jam : 5,1 detik
0-402 m : 18,4 detik

Akselerasi Chevrolet Spark
0-100 km/jam : 16,9 detik
40-80 km/jam : 6,9 detik
0-402 m : 20,7 detik

Konsumsi BBM

Konsumsi bahan bakar kedua mobil ini bisa dibilang bersaing, kalaupun ada perbedaan, itu karena karakter dan cara bawa drivernya. Terbukti dari hasil pengetesan yang tidak jaduh berbeda meski menggunakan metode pengetesan yang sama. 



Pengetesan dilakukan dengan cara “top up”, mengisi penuh tangki BBM, kemudian mobil diajak melaju sambil di catat jarak tempuhnya. Kemudian bahan bakar diisi penuh kembali, bahan bakar yang masuk ke dalam tanki adalah bahan bakar yang terpakai selama pengetesan.

Hasilnya sebagai berikut,

Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Splash
Dalam kota : 1/13 liter/km
Konstan 100 km/jam : 1/19liter/km
Luar kota : 1/15,6 liter/km

Konsumsi Bahan Bakar Chevrolet Spark
Dalam kota : 1/12 liter/km
Konstan 100 km/jam : 1/19 liter/km
Luar kota : 1/14 liter/km

Handling

Namanya city car, peruntukannya pasti untuk membelah kemacetan di dalam kota. Selain dimensinya yang kecil, handling dan manuvernya pun harus lincah. Semua faktor tersebut dijawab dengan baik oleh Chevrolet dan Suzuki.

Splash dan Spark sama lincahnya ketika harus membelah kepadatan lalu lintas perkotaan. Tapi, karakter suspensi kedua mobil ini berbeda. Kalau Spark menawarkan redaman yang lebih lembut, sementara Splash cenderung lebih keras dan menawarkan sensasi mengendarai yang lebih sporti.

Anehnya, dengan suspensi yang lebih keras, Splash masih sedikit limbung di kecepatan tinggi. Sebaliknya, Spark meski suspensinya lembut, tapi tidak ada gejala limbung. Untuk yang satu ini, dua jempol layak diberikan pada Chevrolet Spark.

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil