Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Oto Tips Mobil

Jumat, 03 Desember 2010 13:53 WIB

Cara Mudah Bersihkan Karpet Dasar Pakai Shampoo Mobil

Penulis : Anto | Foto : Anto

OTOMOTIFNET - Air rembesan genangan air yang masuk hingga ke celah karpet dasar memang merepotkan. Jika dibiarkan terlalu lama, aroma lembab tidak sedap di interior akibat lembab hingga potensi karat di dek lantai kabin sangat mungkin terjadi.

Agar hal tersebut tidak berlangsung lama, mari luangkan waktu sejenak untuk membersihkannya sendiri. Peralatan yang perlu disediakan juga mudah didapat. “Cukup pakai sikat dan shampo mobil,” saran Reiner Bawono, komandan gerai perawatan mobil 3 Steps.



Lebih lanjut pria yang buka gerai di kawasan Gading Serpong, Banten ini mensyaratkan sikat yang biasa dipakai untuk memoles sepatu. Shampo yang dibutuhkan pun yang biasa diperuntukkan untuk bodi mobil. Fungsi shampoo hanya untuk mengangkat kotoran pada karpet dasar.

Langkah pertama, ada baiknya melepas seluruh karpet dasar agar pengerjaannya maksimal (Gbr.1). Kemudian shampo dicampur air dengan komposisi 1-2 tutup botolnya untuk satu ember ukuran sedang. “Air hangat lebih bagus, tapi air biasa juga tidak masalah,” ujar pria modis ini.

Paling penting yakni pada proses pengerjaannya. Untuk penyikatannya diusahakan searah, tidak perlu ditekan kuat-kuat (Gbr.2). Tujuannya agar kotoran dapat terbuang ke arah luar karpet. Langkah seperti ini bukannya membuat bulu-bulu halus di karpet berdiri?



“Bulu-bulu tidak akan berdiri selama menyikatnya searah dan tidak ditekan kuat,” jawab Reiner sembari menekankan bahwa lebih baik disikat berkali-kali daripada menyikat sekali tapi terlalu kuat.

Lalu jika tidak mau repot menanggalkan karpet dasarnya, penggunaan air disarankan tidak terlalu banyak. Jadi tidak perlu terlalu basah, sikat cukup dicelupkan air sebentar saja lalu ditiriskan. Supaya proses pengeringan berlangsung cepat dan tidak meninggalkan bau serta air yang masih mengendap.

Jika hanya kena cairan yang tumpah dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, cukup lakukan proses ini satu kali saja. Namun jika diakibatkan genangan yang menyebabkan seluruh permukaannya basah, proses ini sebaiknya dilakukan antara dua dan tiga kali.

Setelah bersih, dapat dikeringkan dengan bantuan alat wet vacuum sebelum dijemur, seperti yang jamak dilakukan salon mobil. Untuk pengerjaan sendiri, bisa memanfaatkan alat hair dryer yang biasa digunakan kaum hawa untuk mengeringkan rambut (Gbr.3).

Untuk hasil kering yang maksimal, dijemur dengan mengandalkan bantuan terik matahari selama seharian penuh. Karpet dasar yang tidak dilepas bisa dibantu tekanan AC kabin ke arah lantai, walaupun butuh waktu yang agak lama.

Selamat Mencoba!

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here