Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Bursa Mobil Bekas

Selasa, 07 Desember 2010 08:25 WIB

How To Buy Daihatsu Grand Max 1.5 D PS 2008

Penulis : Tim OTOBURSA-OTOMOTIF


Jakarta - Gran Max punya keunggulan melimpahnya ruang untuk memuat banyak penumpang dan barang sekaligus. Tampilan luar yang punya desain fresh serta teknologi mesin terkini yang efisien, membuat penggemar minibus berpaling.

“Enggak menyesal memilikinya, hanya saja bantingan suspensi belakang agak keras,” ujar Andri TW, pemilik Gran Max 1.5 D PS (Power Steering) yang berdomisili di Kebon Jeruk, Jakbar.

Lebih lanjut, pria yang memanfaatkan minibus lansiran 2008 miliknya untuk usaha antar jemput sekolah ini mengacungi jempol urusan kabin yang lapang.

Walaupun minus fitur power window dan AC blower untuk kabin belakang, diakuinya semburan AC pada tingkat kedua cukup terasa oleh penumpang di jok baris terakhir.

Soal perawatan pun diakui sejumlah bengkel cukup mudah dan masih jarang bermasalah.

“Belum ada yang sampai servis besar, selama perawatannya diperhatikan,” jelas Ruswandi, manager bengkel Yanto Motor di bilangan Pondok Bambu, Jaktim yang banyak menangani mobil Daihatsu. (mobil.otomotifnet.com)

 Kelebihan
 Kekurangan
 - Kapasitas ruang kabin paling luas di kelasnya
 - Konsumsi bensin irit
 - Performa mesin cukup mumpuni
 - Bantingan suspensi belakang keras
 - Peredaman kurang baik
 - Minim fitur kenyamanan dan keamanan

 Data Spesifikasi 
 Kapasitas Mesin  1.500 cc
 Sistem Pembakaran 
 Injeksi VVT-i
 Jenis Mesin  4 silinder segaris DOHC  
 Jenis Transmisi  5 persepatan manual


Unggul akses ke kabin dengan adanya pintu model geser dan pintu bagasi yang dapat membuka lebar (kiri). Mesin teknologi terkini minim panas berkat lapisan yang mumpuni di balik jok depan (kanan)
SIMULASI BIAYA KPM

Tabel berikut merupakan ilustrasi dari salah satu perusahaan penyedia kredit mobil bekas. Sebagai patokan harga on the road Daihatsu Gran Max 1.5 D PS adalah Rp 105 juta dengan uang muka Rp  21 juta, maka angsuran didapat Rp 3.058.000 setiap bulannya.

Namun, perlu diingat adalah besaran angsuran tersebut diperoleh setelah mempertimbangkan besaran DP dan tenor yang Anda pilih. Jika DP Anda diperbesar, maka pokok hutang semakin kecil. Nah, bila Anda mengambil tenor yang lama, maka nominal cicilan per bulan juga semakin kecil. Namun konsekuensinya suku bunga semakin tinggi.

 Harga Jual  Rp 105.000.000
 Tenor  3 (tiga) Tahun
 Down Payment (DP / Uang Muka)  Rp 21.000.000
 Asuransi  Rp 8.190.000
 Angsuran  Rp 3.058.000
 Administrasi  Rp 730.000
 Total pembayaran  Rp 32.978.000
 Sumber: KITA Finance, via Nelson Hendrik 021-97800784 

BIAYA SERVIS

Akim, sapaan Ruswandi dari Yanto Motor, Jl. Kejaksaan No. 5, Pondok Bambu, Jaktim, menyarankan mengganti oli mesin secara rutin dengan batasan jarak tempuh tiap 5 ribu km. Untuk memulihkan tenaganya, bisa dilakukan metode tune-up seharga Rp 120 ribu.

Bagi kendaraan yang sudah berumur, Akim menawarkan paket tune-up sekaligus kalibrasi ulang injektor dengan batasan jarak tempuh 20 ribu km senilai Rp 400 ribu. Jika ingin sekalian membersihkan kerak-kerak di ruang mesin dengan metode spirit carbon, ditawarkan seharga Rp 600 ribu, komplit dengan tune-up dan kalibrasi injektor.

 Daftar Fast Moving 
 Filter udara  Rp 60 ribu
 Filter oli  Rp 25 ribu
 Kampas rem depan  Rp 100 ribu
 Kampas rem belakang  
 Rp 100 ribu
 Sumber: Kencana Motor. Telp 021-3846181 

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here