Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Interior Toyota Avanza

Selasa, 21 Desember 2010 08:26 WIB

Pasang Peredam Kabin, Bikin Avanza Sehening Camry

Penulis : Anton | Foto : Anton

Jakarta - Belum genap sebulan membesut Toyota Avanza 1.3 G VVT-i lansiran terbaru, Rudi sudah merasa terganggu dengan efek bising di kabin. "Apalagi kalau sedang lari di atas 80 km/jam, suaranya kayak bergemuruh di seluruh kabin. Sampai-sampai enggak jelas buat mendengarkan suara musik dan radio," keluh pria yang terobsesi dengan kabin sedan Toyota Camry ini.

Kondisi ini memaksa Rudi untuk menjadikan kabin lapang Avanza miliknya dapat sehening kabin sedang. "Jalan keluar satu-satunya memang harus melapis sekujur kabin dengan peredam tambahan," saran Andrie Wijaya dari Bassindo Mobile Audio Installer di Kelapa Gading, Jakut.

Untuk lapis peredam kabin Avanza, lanjut Andrie, tersedia dalam beberapa pilihan. Seperti paket lantai, pintu sampai full interior diberi tambahan peredam.

Opsi pertama, paket peredaman untuk lantai keseluruhan (Gbr.1), bisa diambil buat mengatasi efek distorsi yang berasal dari kolong mobil. Seperti efek gemuruh dari knalpot model free flow, atau suara dari gardan dan mesin saat kecepatan tinggi. Banderol ditawarkan sekitar Rp 2,6 juta termasuk ongkos pemasangan.

Paket buat pintu (Gbr.2) ditujukan bagi Anda yang merasa terganggu efek bising dari luar kabin. Seperti suara knalpot motor atau Bajaj yang cukup mengganggu telinga, meski semua kaca sudah ditutup rapat. Harga ditawarkan mulai Rp 1 jutaan, buat seluruh pintu termasuk backdoor.

Bagi yang pengin kondisi kabin Avanza-nya bisa sehening kabin sedan seperti juga diharapkan Rudi, bisa pilih paket full peredam seharga Rp 3,8 juta. "Semua panel interior dilapis pakai peredam mulai lantai, sepatbor, firewall sampai pintu-pintu," urai Andrie.

Lapis full peredam ini diklaim mampu menekan efek bising dari luar kabin cukup signifikan, sekitar 40% lebih senyap ketimbang kondisi standar. Pasalnya selain dilapis dengan peredam Extreme Mat model aspal, juga ditambah peredam mirip busa yang tahan api (Gbr.3).

Pemasangan mesti benar supaya hasilnya bisa optimal. Lapisan pertama yang membungkus pelat panel (lantai, pintu, sepatbor, firewall) bentuknya mirip aspal, dengan pelindung alumunium yang fungsinya untuk menahan suara yang masuk.

Pemasangan full peredam butuh waktu sekitar setengah hari. Kalau hanya pasang di panel pintu atau lantai, hanya perlu 2-3 jam.

Peredam busa tahan api tadi dilapis di atasnya (Gbr.4). Selain mampu menyerap rambatan frekuensi suara dari luar, juga sebagai penahan panas. Sehingga kabin lebih sejuk dan pemakaian AC lebih efisien.  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage