Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil Injeksi

Rabu, 12 Januari 2011 11:44 WIB

Mengapa Mobil Injeksi Susah Start? Apa Solusinya?

Penulis : Manut | Foto : Reza

Jakarta - Kehadiran teknologi injeksi pada seluruh jajaran mobil anyar di tanah air merupakan perkembangan yang menggembirakan. Bagaimana tidak, dengan teknologi ini, mobil semakin bertenaga, irit dan minim perawatan. Sampai ada analogi, tinggal isi bensin dan ganti oli doang.


Akan tetapi, belakangan mulai banyak datang keluhan mengenai sulitnya mobil injeksi untuk distart. Keluhannya lebih spesifik pada kondisi mobil tetap bisa berputar saat kunci kontak dihidupkan tapi tidak kunjung hidup (Gbr.1).

Padahal, sistem injeksi sudah sedemikian pintar untuk mengatur mesin dibanding karburator. Jangan bingung dulu, karena setiap masalah pasti ada pemecahannya.

Kondisi seperti di atas menandakan aki dan motor starter masih dalam kondisi tokcer. Tetapi kenapa mesin juga enggan menyalak? Untuk mencari penyebabnya, ada dua kondisi yang bisa jadi patokan. Kedua kondisi itu adalah pada saat mesin dingin atau panas.

"Intinya, pada saat dingin mesin butuh bensin lebih banyak sehingga jalur bensin harus lancar tidak boleh mampat," buka Taqwa SS, tuner dan pemilik bengkel Garden Speed di Cilandak, Jaksel. 

Jadi, kemungkinan utama sulit start pada saat mesin dingin adalah bensin yang kurang lancar. Mari kita runut satu per satu peranti di jalur suplai bensin ini. Usah mengira pompa bensin yang mulai ngadat (Gbr.2). Memang gejalanya bisa mirip. Namun akan lebih bijak kalau mengecek saringannya lebih dulu. Bensin mampat membuat suplai bensin berkurang, bukan?


Injektor mampat pun bisa jadi biang kerok (Gbr.3). Bagaimana membedakannya dengan saringan mampat? Bisa coba rasakan juga ketika mobil berjalan.

"Mobil masa kini punya AFR bagus sehingga irit. Makanya injektor mampat sedikit saja, biasanya ngelitik," ulas pemilik rambut keriting ini. Sebaiknya injektor dibersihkan dengan ultrasonic cleaning.

Sedangkan dari sektor pengapian, ada satu hal yang bisa bikin sulit start. "Salah satunya busi (Gbr.4), perhatikan spesifikasi busi yang dipakai," lanjutnya. Karena pemakaian busi dingin buat harian pun bisa memicu gejala ini.

Setelan mesin sedikit banyak juga bisa mempengaruhi. Setelan katup, misalnya. Lebih renggang atau rapat dari spesifikasi standarnya bisa bikin pengaruh. Mobil injeksi modern tidak luput dari hal ini, lo.

Misalnya, Honda yang masih pakai setelan mekanis atau Toyota yang kebanyakan pakai setelan koin.

Sedangkan mesin susah start di kala panas kebanyakan dialami mesin injeksi yang rada lawas. Misalnya yang masih pakai distributor.

"Kondisi rotor dan tutup distributor renggang atau kotor bisa memperparah, tuh," tutup ayah dua anak ini. Ternyata, mendeteksinya tetap berkisar pada api dan bensin, ya? (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil