Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Kaki-kaki Toyota Avanza

Kamis, 13 Januari 2011 11:05 WIB

Pilihan Sokbreker Toyota Avanza, Lebih Nyaman dan Stabil

Penulis : Rio | Foto : Rio


Jakarta - Mau Toyota Avanza makin nyaman? Repotnya arti nyaman kadang suka beda nih. Setidaknya ada 2 pilihan sokbreker yang banyak dipakai.

Mau lebih empuk atau lebih sporty,  pilihannya tergantung selera dan kebiasaan mengemudi. Tinggal disesuaikan saja sama kebiasaan toh?

"Paling banyak keluhan soal sokbreker belakang Avanza yang masih terasa keras. Gantinya pakai sokbreker belakang Daihatsu Taruna untuk bagian belakang Avanza," terang Acong, juragan Lintang Motor, spesialis sokbreker di Pasar Mobil Kemayoran blok S88E, Jakpus.

Racikan sokbreker Taruna dengan per standar bawaan Avanza dinilai paling nyaman saat ini, itupun tanpa harus mengganti sokbreker depan.

"Sepintas terlihat sama, tapi sokbreker Taruna punya as lebih besar dan beban bodinya juga beda, jadi tambah nyaman," yakin Acong.

Efeknya, masih terasa empuk sekaligus punya kemampuan rebound lebih baik hingga tak terasa mental-mentul ketika lewat polisi tidur. Pilihan lainnya, cari sokbreker Kayaba Ultra yang punya kelir bodi warna kuning kalau senang yang lebih keras.


Kecuali yang ingin karakter sporti, pilihan sokbreker Hot Bits seri DT dan DT1 yang punya kelebihan. Sokbreker yang punya kelebihan bisa direparasi (bukan rekondisi) ini punya kemampuan double actions.

"Artinya kemampuan rebound dan compress bekerja semua, otomatis Avanza semakin stabil namun tetap nyaman," ujar Henricus Sutanto, pemilik merek Hot Bits di Indonesia. Pun tak mengurangi ketinggian bodi standarnya untuk yang sering ketemu jalan tergenang.

Mau lebih maksimal lagi sekalian saja ganti per Avanza. yang senang racikan ada pilihan per milik BMW yang bikin Avanza sedikit lebih rendah dan punya karakter lebih keras.

Beda dengan Hot Bits yang punya paket lowering kit Avanza seharga Rp 1,5 juta. Bikin tampilan makin garang karena per sporty ini bikin bodi Avanza lebih turun sekitar 1 cm dari standarnya.

Harga tentu tergantung dompet dong. "Racikan Lintang Motor dijual Rp 500 ribu untuk sepasang sokbreker belakang dalam kondisi baru," jelas Acong lagi.

Sedang sepaket sokbreker Hot Bits untuk depan dan belakang dilepas Rp 3,5 juta, semuanya hanya sokbreker tanpa per.

"Selama bulan Januari 2011 kita ada program diskon," ucap Henricus kali ini. Enaknya lagi, karena bisa direparasi, ongkosnya juga hanya Rp 250 ribu untuk masing-masing sokbreker tanpa menghilangkan garansi.

Jadi mau yang nyaman atau yang sporty? (mobil.otomotifnet.com)

Lintang Motor: 021-7013 5321
Hot Bits: 021-6899 7150

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil