Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Audio Mobil

Selasa, 18 Januari 2011 15:17 WIB

Modif Sound Quality di Toyota Avanza, Suara Serasa di Bioskop

Penulis : Anton | Foto : Anton


Jakarta - Mobil ini selain multifungsi buat angkut barang bawaan dalam jumlah berlebih, juga sangat bersahabat untuk dipermak settingan audionya. Tidak mengherankan kalau di ajang kontes audio Tanah Air, Toyota Avanza kerap diturunkan buat mencuri poin juara di beberapa kelas kategori SQ (Sound Quality).

Hal serupa pun dilakoni Bahari Asun. Mantan instalatur yang kini kiprahnya lebih mengarah ke bisnis komponen car audio skala nasional, yakin banget menurunkan Avanza andalannya ini buat bersaing di ajang kompetisi pehobi audiophile itu. Pastinya dengan sebuah sensasi yang bisa bikin pesaingnya iri.

Lantas treatment apa saja yang dilako­ni pria berpenampilan necis ini pada besutan hariannya tadi? Kalau selintas menyelinap ke kabin lapang Avanza kelir hitam metalik ini, memang enggak berbeda dengan instalasi pada umumnya mobil kontes.

Namun setelah mendengarkan settingan sound racikan Asun ini, barulah terasa ada sesuatu yang lain dari biasanya. Yang menarik di sini, efek surround lang­sung terimajinasi di benak kami. Terdengar seolah membekap indera pendengaran, mirip ketika sedang berada di dalam bioskop, dengan tingkat kedetilan suara yang sangat jelas di kuping.

Settingan suara macam ini jarang sekali ditemukan redaksi, terutama pada kabin Avanza yang cukup lapang. Rahasia ramuan instalasi terbaik ini terletak pada penambahan prosesor terbaru dari JBL, MS-8.

Ukuran boks subwoofer dibikin menyesuaikan dimensi kabin Avanza (kiri). Desain penampang melebar pada tweeter JBL GTi series ini menjadikan rambatan frekuensi high tambah merata (kanan)
Produk lansiran JBL Harman di akhir 2010 ini merupakan prosesor canggih, dengan sistem integrasi digital untuk membuat suara di kabin terdengar lebih baik dan presisi.

MS-8 sudah dibekali chip prosesor sinyal digital yang beroperasi seperti sebuah komputer kecil. Fungsinya untuk memaksimalkan respon frekuensi, kinerja bass, dinamika, kejelasan, detail suara dan penciptaan efek stereo lebih optimal.

Cara kerjanya, prosesor ini akan me­ngirimkan suara ke telinga semua pen­dengar di kabin. Meski posisi duduk ber­beda (depan, tengah atau belakang se­kalipun), tetap dapat mendengar suara dengan baik tanpa perbedaan dB pada setiap posisi.

JBL MS-8 juga difungsikan buat mengoptimalkan frekuensi suara hingga delapan channel input, dengan metoda pengolahan suara digital secara merata pada semua lini (DSP).

Selain itu, prosesor canggih ini juga bisa mengatur waktu koreksi secara otomatis, melalui fitur Logic 7 untuk mengolah data secara digital. MS-8 juga menyajikan fungsi crossover digital, yang memungkinkan pemotongan frekuensi nada tercipta dengan tepat.

Driver utama sekaligus berfungsi sebagai penunjang unsur car cinema (kiri). JBL MS-8 merupakan perpaduan komputer pintar dengan insting seorang instalatur profesional (kanan).
Menurut Asun, tiap poin crossover bisa diatur sendiri oleh penggunanya. Seperti menentukan seberapa curam atau landai lereng crossover yang diinginkan, dengan kemampuan memotong hingga delapan output secara terpisah. "Kelebihannya lagi, bisa mengatur equalizer dengan 31-band, sehingga detil suara bisa dimaksimalkan," kata Asun.

Komponen penyuplai suara juga disetting lebih berkarakter dan powerful. Mengandalkan speaker split 2-way JBL GTi 660i ditambah GTo 75.2 di bagian tengah dasbor, sebagai center speaker untuk menunjang sistem surround Dts 5.1.

Sektor belakang ditunjang sebuah subwoofer JBL GTo 1204D, berikut satu set speaker GT5 652 untuk mengoptimalkan efek surround. Terbukti ketika dilakukan sesi dengar, tonal accuracy serta level balance terdengar imbang. Ditambah suara panggung dengan efek latar cukup jauh ke depan. Benar-benar sebuah sensasi yang bisa bikin iri lawan sekelas. (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage