Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tematis Mobil Penumpang Bermesin Diesel 2011

Selasa, 01 Februari 2011 15:07 WIB

Test Drive Toyota Innova G Diesel, Iritnya Gak Nahan!

Penulis : Bagja | Foto : Popo



Jakarta
- Masih penasaran soal mobil penumpang bermesin diesel? OTOMOTIFNET.com merekomendasikan Toyota Kijang Innova G Diesel bertransmisi manual ini. Soalnya, selain cukup layak untuk mengangkut keluarga, konsumsi bahan bakarnya juga irit.

Tapi kurang asik kalau tidak mencobanya langsung kan? Makanya, yuk kita ulas hasil mencicipi Toyota Innova G Diesel ini.

Desain

Membicarakan soal desain, sejatinya tidak ada yang berbeda dari tipe Innova dengan kelas yang sama bermesin bensin. Cukup elegan dan tidak memalukan kalau diajak untuk kumpul-kumpul diacara keluarga.

Wajah depan Innova sudah lebih sporti dengan pengaplikasian grill dan bumper baru, serta adanya spoiler dibelakang, jadi desainnya tidak polos dan kaku.

Masuk kedalam kabin pun demikian. Nuansa mobil keluarga dari Toyota ini tetap terpancar, dengan baris kursi konvensional berdaya tampung 7 penumpang.


Fitur dan Teknologi

Sesuai dengan porsi kelasnya, Innova tipe G tergolong menengah, mewah tidak, biasa saja juga tidak. Tapi dengan bekalan fitur seperti Audio double DIN AM/FM CD, MP3, MA, dan pendingin kabin Dual Blower cukup untuk memanjakan keluarga anda.

Anda juga bakal lebih mudah mengemudi, karena pengaturan spion sudah elektrik dan terdapat sensor parkir di bumper belakang. Aspek keamanannya, meskipun belum ada airbags, tapi rem seat belt sampai kursi baris ketiga dan rem ABS dirasa cukup.

Performa

Tenaga Innova G Diesel ini diproduksi dari mesin berkode 2KD-FTV berkonfigurasi 4 silinder segaris DOHC Common Rail Diesel D-4D. Kapasitasnya 2.494 cc yang bisa memberikan tenaga 102 PS dan torsinya 20,4 kgm pada 1.400 rpm.

Akselarasi putaran bawah dari Innova G Diesel manual ini tidak ada masalah, meski tidak galak, tapi cukup untuk beraksi stop and go ditengah kemacetan.

Tenaga mulai terasa mengisi dengan optimal saat memasuki putaran menengah diputaran 2.000 rpm sampai 3.000 rpm. Namun sayang, masuk putaran atas, Innova mulai menunjukkan gejala ngos-ngosan.
 

Bahkan dijalan tol, memang kecepatan 100 km/jam tidak sulit diraih, tapi untuk menuju kecepatan 120-140 km/jam, sudah semakin sulit, padahal gas sudah diinjak mentok.

Tapi kalau ingin mencapai kecepatan puncak, mungkin bisa dengan mengambil ancang-ancang menjaga putaran mesin tetap tinggi, tapi masa iya mau membiarkan mesin dieselnya meraung-raung saat membawa keluarga? Jadi, Innova diesel cocoknya untuk santai.

Handling dan Kenyamanan

Soal handling, Innova G Diesel ini juga tak berbeda dengan seluruh varian tipe Innova lainnya. Suspensinya yang empuk memang mengasikkan saat berjalan pelan dan melindasi permukaan jalan yang tidak rata atau rusak.

Tapi harus sedikit berhati-hati saat memacunya diatas kecepatan 120 km/jam, karena gejala limbung sedikit terasa. Tapi aerodinamis mobil cukup bagus, sehingga tidak menimbulkan gemuruh bodi menabrak angin.

Nah, soal kenyamanan, Innova G Diesel ini sedikit berbeda dengan tipe mesin bensin. Ya! Apalagi kalau soal suara mesin diesel yang lebih berisik dibanding mesin bensin.

Jadi, dengan redaman kabin yang sama, tentu membuat suara mesin dieselnya masih terdengar dengan jelas didalam kabin, baik saat sedang stasioner, saat melaju pelan, apalagi saat kencang.

Dashboard juga sedikit bergetar, sehingga menghasilkan noise yang cukup mengganggu. Cara mengakalinya dengan sederhana dan instan, tinggal nyalakan saja audionya dan dengarkan lagu, dijamin noise tersebut tidak lagi mengganggu.


Konsumsi BBM

Nilai plus dari Innova G Diesel berada pada seberapa haus meminum bahan bakar pada setiap kilometer yang dilalui. Nah, keuntungannya, selain cukup meminum Bio Solar biasa yang lebih murah harga literannya, konsumsinya juga irit.

Untuk bodi sebongsor Innova dan mengetahui konsumsi BBM tipe mesin bensinnya yang terbilang boros, Innova G Diesel ini hanya butuh 1 liter solar untuk jarak 11 km.

Hasil tersebut didapat saat OTOMOTIFNET.com melintasi kondisi jalan kawasan Jalan Panjang Kebon Jeruk sampai perempatan Lebak Bulus-Pondok Indah, sekitar pukul 17.00 WIB. Nah, silakan dibayangkan sendiri bagaimana kondisinya!

Sementara untuk pengemudian luar kota dan di jalan bebas hambatan di tol, BBM yang diminumnya tidak terpaut jauh. Innova G Diesel butuh 1 liter solar untuk jarak sejauh 14 km.

Harga dan Pesaing

PT Toyota Astra Motor membanderol Innova G Diesel M/T ini seharga Rp 247,800,000. Memang lumayan lebih tinggi dari varian sekelasnya yang bermesin bensin, tapi dalam jangka panjang cukup mengungtungkan kok.

Sementara untuk pesaingnya secara langsung sesama mesin diesel, Innova G Diesel ini mungkin akan seru kalau disaingkan dengan Isuzu Panther series. Jadi, untuk pilihannya tetap berada ditangan anda!

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage