Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Bursa Mobil Bekas

Senin, 14 Februari 2011 07:45 WIB

Mobkas Daihatsu Ceria, ’Si Cabe’ Seharga Rp 35 Jutaan

Penulis : H4DI | Teks Editor : Bagja | Foto : H4D1


Jakarta - Punya bobot hanya 623 kg. Artinya, di kelas city car Daihatsu Ceria punya bobot paling ringan. Di era 2001, kebangkitan Ceria tampil memukau.

Meski hanya memiliki mesin 3 silinder SOHC konvensional dengan sistem karburator. Namun tetap memiliki tenaga yang lumayan responsif di putaran bawah. Sebagai penerus Daihatsu Charade, ‘Si cabe’ ini hadir dengan kapasitas mesin 850 cc.

2001 mulai diperkenalkan 2 varian, yaitu Ceria KL (standar) tanpa AC dan KL Plus dilengkapi AC dan head unit. Kedua varian ini punya ciri khas bumper tidak sewarna dengan bodi.

Berbeda dengan varian KX yang punya fitur lebih lengkap dan bumper depan belakang warna senada dengan bodi.

Kelebihan Ceria adalah berkapasitas kecil sehingga irit bbm meski sistem karburator. Mesin 3 silinder berpengaruh terhadap sistem pendinginan. Namun ketika membelinya, harus memperhatikan beberapa bagian.

Perlu diperhatikan agar sirkulasi udara panas mesin bisa terlepas dengan sempurna. Sistem pengereman juga tak luput diperhatikan, bunyi mendecit bisa terjadi karena timbunan kotoran di komponen rem.

Untuk ilustrasi harga, sebut saja tipe KL Rp 35 juta untuk tahun 2001, Rp 37 juta untuk tahun 2002, dan model yang sama untuk tahun 2003 dibanderol Rp 41 juta.  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil