Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Komparasi Toyota Avanza vs Nissan March

Senin, 21 Februari 2011 15:20 WIB

Komparasi Toyota Avanza vs Nissan March, March Mengusik Si Leader?

Penulis : Tim OTOMOTIF | Teks Editor : Bagja | Foto : Tim OTOMOTIF


Jakarta - Sebagai leader 7 tahun di pasar mobil nasional, Toyota Avanza belum mampu ditaklukkan oleh siapapun. Dengan saudara kandungnya sendiri Daihatsu Xenia sekalipun.

Joko Trisanyoto, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, jelaskan, Avanza terus cetak rekor penjualan 500 ribu unit selama 7 tahun. “Tahun 2010 penjualan Avanza meningkat 39% dibanding 2009,” ujarnya di acara Toyota Media Gathering 2011, awal Januari lalu.

Namun, dengan model yang tak mengalami perubahan berarti selama itu, bukan tak mungkin masyarakat bosan. Khususnya keluarga muda atau eksekutif muda yang dinamis.

Harga yang terus melonjak pun membuat Avanza tak lagi disebut ‘mobil rakyat’. Bayangkan, tipe Avanza 1.3 G M/T sudah menyentuh angka Rp 150 jutaan. Padahal dengan budget segitu, pilihan model mobil baru cukup beragam.

Sebut saja paling baru, Nissan March. City hatchback ini tawarkan harga sebanding dengan selling point 'Smart to buy & run, comfort driving & utility, city agility dan spacious/roomy interior'. “Kenyataannya, buyer ada yang pindah dari MPV ke March,” ungkap Teddy Irawan, Vice President PT Nissan Motor Indonesia.

Nah, ingin tahu lebih detail, yuk kita bandingkan Avanza 1.3 G M/T dengan Nissan March 1.2 A/T. Mampukah March mengusik si leader? (mobil.otomotifnet.com)

KONSUMSI BBM

Enggak heran di performa March kurang dominan, namun di soal konsumsi bahan bakar patut dilirik. Karena dipercaya mampu menghipnotis konsumen yang mengeluh lantaran harga bensin yang tinggi.

Bahkan, tak hanya irit di dalam kota. Teknologi baru mesin 3 silinder March, juga berbeda sekitar 1 literan dengan Avanza pada perjalanan luar kota. Paling menonjol di kecepatan konstan, perbedaannya bisa lebih hemat sekitar 5 literan.

 Tabel Konsumsi BBM (km/liter)  
   Avanza
 March
 Dalam kota  1/9  1/12,4
 Konstan 100 km/jam
 1/15,3  1/20,1
 Luar kota  1/13  1/14,8

FITUR

Bicara fitur, keduanya boleh dibilang sebanding. Sebut Avanza G M/T yang sudah dilengkapi foglamp, power steering, electric power window, electric outer mirror, rear spoiler dengan high mount stop lamp, wiper kaca belakang, AC double blower dan head unit 1 DIN kaset dan pelek alloy 14 inci.

Mirip dengan Avanza, tapi head unit March sudah dapat membaca CD/MP3 dan tersedia aux in serta pelek alloy 15 inci. Namun AC March single karena kabin kecil dan Anda harus siapkan dana untuk membeli foglamp.

KENYAMANAN

Kodrat kendaraan penumpang, Avanza sangat nyaman ditumpangi lebih dari 4 penumpang (termasuk pengemudi). Karena karakter suspensi mental-mentul masih terasa jika diisi oleh 2-4 penumpang. Terutama kecepatan menengah di jalan bergelombang.

Namun kelemahan di atas bisa dibayar dengan ruang yang lebih lega buat angkut penumpang. Sementara March, unggul di sistem suspensi yang lebih lembut. Dan desain dasbor model twin bubble serta visibilitas kaca depan dan belakang yang baik. Sehingga memudahkan parkir.

Kenyamanan pun disumbang March dari radius putar yang lebih kecil (4,5 meter) dari Avanza (4,7 meter). Alhasil, memudahkan berkendara di perkotaan maupun saat ingin parkir.

PERFORMA

Meskipun memiliki bodi yang lebih besar dan berat, namun Avanza masih unjuk gigi soal performa. Dengan engine 1.298 cc DOHC VVT-i, MPV low Toyota itu memang dirancang sebagai kendaraan 7 penumpang dengan tenaga dan torsi yang cukup tinggi.

Sedang March yang lebih kecil 100 cc dari Avanza, mesinnya yang 1.198 cc DOHC ECCS (Electronic Concentrated engine Control System) dirancang bukan buat performa. Tapi sebagai mobil perkotaan mungil yang hemat bahan bakar.

 Tabel Akselerasi (detik)  
   Avanza
 March
 0-100 km/jam  13,5  18,2
 40-80 km/jam  5,6  7,05
 0-402 m  18,8  21,4

HARGA

Harga March 1.2 A/T lebih murah Rp 2,750 juta dari Avanza 1.3 G M/T. Namun begitu, calon pembeli Avanza bakal disuguhkan diskon Rp 1,5 jutaan per unit (NIK 2011). Karena masih baru, March belum ada potongan harga.

Tapi bagi peminat March, harus siap-siap merogoh kantong lebih dalam lagi. Karena Nissan akan menaikkan harga perkenalan March itu Rp 2,5-3 juta per unit pada bulan Maret.

AKOMODASI

Melihat ruang kabin, Avanza jelas sanggup menampung 7 penumpang, sedang March hanya 5 penumpang. Itupun 3 orang di bangku belakangnya agak kurang nyaman kalau berpergian jauh, umpama ke luar kota.

Bicara daya tampung barang, Avanza juga unggul. Karena mempunyai dua baris bangku yang bisa dilipat untuk menampung barang bawaan. Sementara March hanya dapat melipat bangku belakangnya. 

KESIMPULAN

Secara garis besar, Avanza masih unggul didaya tampung penumpang dan barang, performa mesin dan fitur. Sementara lewat model yang unik, mesin yang hemat BBM dan unggul di sistem suspensi, membuat March patut diperhitungkan sebagai teman beraktivitas di tengah maupun pinggiran kota.

   Avanza
 March
 Performa  ***  **
 Konsumsi bbm  **  ****
 Fitur  ***  ***
 Akomodasi  ***  **
 Kenyamanan  **  ***
 Harga  **  ***


Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil