Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Bengkle Spesialis Kaca Mobil

Sabtu, 26 Februari 2011 07:50 WIB

Pakar Kaca Mobil: Siap Sedia Semua Kaca

Penulis : Fend | Teks Editor : Bagja | Foto : Reza

 
Jakarta
- Kaca mobil Anda retak atau pecah? Demi keselamatan Anda, segera cari bengkel atau toko pemasangan kaca yang banyak tersebar di berbagai tempat.

Untuk di Jakarta, ramai orang mendatangi sepanjang Jln. Pasar Senen hingga Jln. Bungur. Di kawasan ini banyak bengkel pasang kaca. Salah satunya Moro Seneng (MS) yang ada sejak puluhan tahun lalu dan sehari rata-rata menerima 10 order pasang kaca.

"Moro Seneng ada sejak 1986, menyediakan kaca semua mobil-mobil yang diproduksi di Indonesia. Pokoknya kami usahakan selengkap-lengkapnya," ujar Wanny Yolanda, pemilik toko.

Kalau tidak ada stok, ia bisa memesankannya lewat dealer mobil bersangkutan. Beragam mobil hingga yang built-up datang untuk minta dipasangkan kaca.

Proses kerjanya hanya 2 jam, meski begitu tidak semua kaca mudah dilepas. "Pada dasarnya semua kaca sama, baik mobil buatan Jepang maupun Eropa. Tetapi ada mobil yang sulit atau butuh waktu lama membersihkan lem karetnya (seal)," tutur Rasid, seorang karyawan MS.

Dalam pengerjaannya, seal dipotong pakai kawat seperti orang menggergaji. Setelah kaca lepas, sisa lem dibersihkan, dilumuri seal lagi dan dipasang kaca baru. "Ada beberapa mobil tertentu susah dilepas kacanya, seperti Volvo 340, " jelas Darsono, rekan Rasid sambil melepas kaca mobil Mercy.

Untuk harga kacanya, MS mematok Rp 50 ribu untuk kaca pintu-pintu hingga Rp 600 ribu atau bahkan Rp 3 jutaan untuk kaca depan. Harga sudah diskon, tetapi belum termasuk ongkos pasang. "Paling susah mobil built-up, karena kacanya enggak dibuat di sini," kata Wanny yang pernah dapat order pasang kaca Honda Odyssey.

Jika tidak ada stok, pelanggan bisa tunggu 2-3 hari. Stok kaca yang ada dari Asahimas, karena semua kaca mobil-mobil yang diproduksi di sini rata-rata pakai buatan Asahimas.

"Ini kaca buatan sini (Indonesia) yang join sama Jepang. Kami memberi garansi pemasangan 1 bulan, kalau kaca tidak ada garansinya," tutur ibu murah senyum ini.

MS yang tidak melayani order pemasangan ini tak hanya dikenal di Jakarta, tetapi menerima pemesanan kaca dari pelanggannya di Jayapura, Kalimantan atau Sulawesi. Ongkos pengiriman ditanggung pemesan.

"Saya puas dengan hasil kerjanya, karena Moro Seneng sudah berpengalaman. Saya tahu bengkel ini dari bapak saya dan kalau ada order atau teman yang mau pasang kaca, saya bawa ke sini," kata Aldi, salah seorang pelanggan asal Pasar Minggu, Jaksel.

Ia mengganti kaca mobil Suzuki Baleno 2001-nya yang pecah satu titik, ongkosnya Rp 1,5 juta berikut pasang dan garansi 1-2 bulan.

Wah..benar-benar moro seneng (bikin senang).  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil