Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Modifikasi Honda Jazz RS 2010

Rabu, 16 Maret 2011 09:06 WIB

Modif Honda Jazz RS 2010, Libas Kelas Atas

Penulis : Rahmat | Foto : Aries


Jakarta - Siapa sangka di balik tampang racing yang kental dari new Jazz, milik Teddy ini punya sistem tata suara SQ. Dan siapa sangka juga kalau sistem audio asal Pekanbaru ini berhasil jadi juara SQ kelas 30 juta dan SQ 60 juta dalam sebuah event SQ di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Sungguh menarik, mobil dengan biaya Rp 30 juta bisa jadi jawara kelas 60 juta. Tong It, instalatur Audiotronik, jalan Angkasa, Pekanbaru pun mau bagi-bagi resepnya. Utamanya dari sisi aplikasi speaker 3-way yang dipakai.

Pemilihan Speaker

Kunci utama dalam membuat sistem SQ dengan sumber suara datang dari arah depan, ada pada pemilihan speaker. Speaker 3-way-nya dengan komposisi, tweeter Vox model ribbon (pita), midrange Vox 3 inci dan midbass Vox 6 inci.

“Karakter suaranya jernih dan sudah biasa setting speaker ini,” Alasan Tong It memasangkannya. Kekuatan tiga sumber suara yang menyatu dari frekuensi tinggi ke rendah membuat kemungkinan frekuensi suara bolong bisa diminimalisir.

Penempatan Speaker

Penempatan jadi kunci utama dalam pembangunan sistem audionya. Dua Vox speaker sistem ditaruh di atas dasbor. Sudut speaker diarahkan ke tengah dengan fokus di plafon tengah, tujuannya agar bisa bersuara optimal. “Dicari sudut paling bagus,” ungkap instalatur bertubuh ramping ini.

Sedangkan midbass semerek berukuran 6 inci ditaruh di pintu dengan memakai dudukan ring alumunium setebal 2 cm. Cara ini sangat efektif agar konus midbass bisa bergerak optimal tanpa terganggu rigiditas dudukan speaker.
Setting Suara

Peran kunci lainnya ada pada proses seting suara. Terlebih pada setting cutting frekuensinya. Andil dari prosessor Alpine PX-701 amatlah penting. Untuk tweeter menuju ke midrange 3 inci ditaruh pada frekuensi 3 kHz, midrange 3 inci sampai midbass 6 inci ditaruh pada 400 Hz dan dari midbass ke subwoofer berada pada angka 50 Hz.

Komposi ini didapat dengan mencermati kemampuan masing-masing speaker. Intinya frekuensi yang bagus diambil yang tak bagus dipotong atau dibuang dengan bantuan x-over aktif pada prosessor.

DASBOR MENDUKUNG

Dari sisi akustik, new Jazz ini sudah punya modal besar untuk lahirkan sistem audio bagus. Dasbornya mendukung untuk ditempatkan dua penyembur suara, tweeter dan midrange. “Bentuk dasbornya tak mengganggu speaker untuk bersuara,” bilang Tong It.

Ciri dasbor yang mengganggu salah satunya karena adanya tonjolan yang menghalangi semburan suara dari speaker. Untuk meletakkan speaker midbass di pintu, cukup ditambahkan peredam di tiga tempat, di dinding dalam, tengah dan door trim ikut diberi peredam. Efeknya gejala vibrasi sangat diminimalisir.

TENAGA BESAR

Jika bicara audio, maka peranan power amplifier wajib dicermati juga. Dua power 4 kanal keluaran Vox tipe MK I spek 4x100 watt dipakai untuk speaker 3-way dan satu subwoofer. Rincian sebaran tenaganya, 2 kanal power amplifier pertama untuk tweeter, 2 kanal lagi untuk midrange 3 inci. Power amplifier kedua, 2 kanal untuk midbass 6 inci dan 2 kanal lagi untuk subwoofer Vox 10 inci.

Untuk pengaturan di power amplifier, cutting x-overnya ditaruh pada tulisan flat. Hal ini dilakukan karena komando suara sudah diatur prosesor Alpine PX-701. Dengan hal ini, suara yang dihasilkan jadi lebih bertenaga. (mobil.otomotifnet.com)


Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage