Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips AC Toyota Kijang Innova

Minggu, 17 April 2011 09:10 WIB

Agar AC Kijang Innova Tidak Bau? Cukup Tutup Jalur Ventilasi AC Dengan Lakban

Penulis : Pj | Foto : Salim


JAKARTA -
Keluhan udara luar masuk ke kabin melalui sistem AC Toyota Kijang Innova meskipun mode fresh air sudah ditutup (mode sirkulasi diaktifkan, red), oleh bengkel-bengkel AC mobil sebenarnya bukan masalah besar.

Karena, mereka mengakalinya dengan cara  menutup jalur ventilasi AC dengan lakban  Sehingga walaupun mode fresh air diaktifkan (saluran udara luar dibuka), maka udara luar yang dapat masuk melalui lubang kisi-kisi di bawah kaca akan tertutup.

Tapi ingat, bukan kisi-kisi tersebut yang ditutup, melainkan lubang saluran yang menuju blower. Nah, seperti apa proses penutupannya? Menurut Hendrik Tannal enggak terlalu ribet. “Hanya proses membuka dasbor yang agak ribet,” ujar pemilik bengkel AC Vent’s di Raya Kebon Jeruk No. 5, Jakarta Barat.

Tahap awal melepas dasbor. Kelar itu, akan terlihat saluran udara yang menempel di dinding dan blower AC yang ada di bawahnya (Gbr.1). Lalu, lepaskan 3 mur yang mengikatnya.

Kalau sudah melepas saluran itu, Anda bakal melihat lubang berbentuk segiempat (Gbr.2). Nah, lubang itulah yang akan ditutup rapat dengan bantuan lakban.

Hendrik menyarankan, tutup serapat-rapatnya sehingga udara luar yang kerap dikeluhkan masuk ke kabin enggak akan lagi masuk ke dalam. “Terutama lagi macet, asap knalpot bus atau truk kalau lagi ada di depan mobil akan tercium dari dalam,” tegasnya.

Caranya simpel kok! Siapkan lakban yang agak tebal dan tak gampang sobek, biasanya yang berwarna hitam. Setelah itu, tutup seluruh lubang udara tersebut tanpa ada yang terbuka (Gbr.3). “Cukup dua lapis lakban aja, gak usah kebanyakan yang penting tertutup rapat,” saran pria ramah itu.

Nah, kelar tertutup, pasang kembali saluran udara dan kencangkan ketiga mur pengikatnya. Lalu, pasang kembali dasbor. Kalau memerhatikan proses kerja di atas, sebaiknya dikerjakan di bengkel spesialis AC mobil.

Untuk penutupan lubang udara di Kijang Innova, Hendrik mematok biaya sebesar Rp 250.000. Biaya itu sudah termasuk servis tapi belum termasuk freon. “Kalau servis kita sarankan untuk mengganti freon. Karena bukan seperti AC rumah yang bisa ditambah,” bilangnya.

Dengan menutup rapat lubang fresh air tadi artinya pengendara harus selalu membuka kaca jendela dong? Hendrik tegakkan, hal itu tak terlalu penting (buka kaca jendela, red). Karena kabin mobil dirancang tidak kedap udara. Alias masih ada lubang-lubang udara supaya oksigen bisa masuk ke kabin.

“Sebenarnya untuk kondisi seperti di Indonesia, fungsi fresh air tidak terlalu penting. Soalnya polusi udaranya tinggi. Di Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki APV dan Isuzu Panther juga gak ada tuh mode fresh air-nya,” jelas pria bertubuh gempal ini. (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage