Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Modifikasi Honda Estilo 1992

Minggu, 17 April 2011 10:05 WIB

Modif Honda Estilo 1992, Turbo + Nitrous = 263 DK

Penulis : Manut | Foto : Salim


Jakarta - Menemukan Honda Es­tilo mulus kinyis-ki­nyis ten­tu bukan hal mudah saat ini. Terutama, mobil hatchback dua pintu ini termasuk Dream Car BT90's yang paling dicari di kalangan tifosi Honda.

Bayangan modifikasi pun bakal berseliweran di benak. Nah, ubahan Echin, pemilik bengkel Engine+ di Kelapa Gading, Jakut ini bisa jadi patokan. Bagaimana duetnya bersama Luckas Dwinanda Tjandra, tuner Engine+ bisa mengekstrak 263 dk dari blok mesin standar?

EKSTRA INJEKTOR

Sentuhan melecut tenaga tambahan dari mesin D16 standar Estilo milik Echin ini memang dilakukan ekstra teliti. Lihat saja ruang mesin yang masih memangku dapur pacu standar, bahkan tanpa ubahan kepala silinder VTEC yang lazim dilakukan pecinta Honda.

Lirikan langsung ditujukan pada peranti forced induction. Tidak tanggung-tanggung, sepasang sistem dibenamkan ke mesin asli. Yaitu sebuah rumah keong sumbangan dari mesin Nissan RB20DET plus gas nitrous yang menyuntikkan 30 dk ekstra.
Persiapan segera dilakukan untuk memperkuat mesin asli. "Pistonnya diganti Wiseco dan setang piston Eagle," ujar Luckas membuka sedikit kombinasi jeroan mesin yang masih dipadu bearing mesin ACL. Pemasangan turbo sangat rapi dengan exhaust XS Power dengan sedikit modifikasi agar tidak mentok. Asyiknya, header ini sudah dilengkapi juga external wastegate 32 mm.

Tiupan turbo kemudian didinginkan pada front mount intercooler Floek dan diteruskan pada intake manifold Edelbrock. "Intake ini flownya lebih bagus dan diameternya besar. Jadi bisa dipasangkan dengan throttle body mesin B16A," lanjut pria 27 tahun ini.
Pada throttle body itu pula disematkan adaptor buat sepasang ekstra injektor Mitsubishi Lancer Evo 8. Soalnya injektor asli masih dipasang. Jadi, injektor ini untuk memenuhi derasnya permintaan Pertamax Plus saat turbo berkitir. Sementara itu, manajemen mesin diserahkan pada piggyback Dastek Unichip.

Pada throttle body juga tampak sakelar khusus pengaktif nitrous buatan NOS. Dengan konfigurasi wet system, tenaga total 263 dk tersalur melalui kopling Exedy dan gir close ratio khusus gigi 1,3 dan 5 buatan M Factory.

Suspensi D&D

Mengimbangi kencangnya mesin, pengendalian jadi sektor ubahan berikutnya. Tentu agar lebih mudah menjinakkan liarnya entakan tenaga. Bayangkan saja, tanpa NOS sudah meletup 230 dk, begitu nitrous tersembur melonjak lagi.

Maka, satu set suspensi D&D diboyong buat mengisi spatbor Estilo merah ini. Empat buat coilover shock pun disematkan. Berbagai setelan bisa dilakukan.

Misalnya ketinggian mobil yang bisa ditentukan dengan memutar ulir dudukan per untuk menetukan panjang keseluruhan coilover.

Menyetel kekerasan sokbreker pun bisa diatur sesuka hati. Tinggal putar kenopnya yang ada di atas support sokbreker. Kian lengkap, tapak diperlebar dengan pelek Work VS yang berbalut ban berdimensi 215/45R18. (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage