Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Nissan March

Selasa, 19 April 2011 14:07 WIB

Karet Balon Nissan March, Cuma Rp 600 Ribu Kabin Lebih Senyap

Penulis : Ben | Foto : Benny

JAKARTA - Keheningan kabin memang menjadi kenikmatan tersendiri kala berkendara. Ingin mendengarkan lagu-lagu favorit atau pun berbincang-bincang sembari melaju pun akan terasa lebih nyaman kalau kabin tidak dihinggapi suara-suara yang mengusik telinga. Seperti yang dialami Bayu, sebut saja begitu, pada Nissan March miliknya. Ia menambahkan karet balon di pintu tunggangan 1.200 cc itu.


 Pintu belakang aslinya hanya pelapis karet saja
Dua Jenis
Pada kondisi standar, kabin Nissan March hanya mendapat peredaman dari karpet yang berlapis semacam busa di bagian bawahnya. Untuk itu, lajang itu pun melapisinya dengan peredam extreme mat untuk menepis suara-suara dari kolong, dan pintu pun diberi peredam. Efeknya memang kabin menjadi lebih senyap.

Namun, begitu sudah terdengar lebih senyap, malah terdengar bunyi desis ketika tunggangan melaju di tol, terdeteksi suara tersebut muncul dari bagian pintu, terutama di pintu belakang.

Terisnpirasi dari seorang teman yang menggunakan Avanza, ditambahkanlah karet balon pada bagian pintu di bagian dalam. Menurut rekannya itu, peredaman alias bunyi angin tersebut menjadi hilang.

Memang, seperti layaknya bagian bodi yang terpisah seperti pintu, tentu dipasangi sekat berupa karet agar bisa mencegah air dan angin merembes ke dalam. Aslinya sih, sudah ada karet seperti itu pada bagian pintunya. Di pintu depan, misalnya sudah ada juga karet di bagian bodi dan pintu.

Hanya, pada bagian bodinya karetnya masih berupa lembaran saja, bukan berbentuk balon. Sementara di belakang memang tak ada karet, hanya pelapis saja.

"Ada dua jenis karet balon, satu model biasa, lainnya ada bilah karet sebagai penutup ke plafon," tukas Maman, dari Bandung Jaya, penjual berbagai macam karet di kawasan Pasar Mobil Kemayoran, Jakpus.

 Pemasangan mudah dan cepat(kiri). Karet balon dengan bilah penutup plafon(kanan).
Berbeda dengan yang digunakan pada jenis MPV seperti Avanza, yang menggunakan karet balon tanpa bilah, March harus memakai karet balon yang ada bilah ke plafonnya. "Karet seperti ini dihargai Rp 75 ribu per meter, sementara karet biasa tanpa bilah, Rp 25 ribu semeternya," lanjutnya.

Untuk empat pintu March, dibutuhkan 8,1 meter panjang totalnya. Jadi sekitar Rp 600 ribu sudah bisa terpasang dengan rapi. Proses pemasangan pun mudah, tinggal melepas karet aslinya, lantas mengganti dengan karet balon pengganti. Waktu pengerjaan pun tak kurang dari setengah jam saja.

Setelah dipasang karet balon tersebut, memang terdengar berbeda kesenyapan di dalam kabinnya. Terutama kala melaju kencang. Tak ada lagi desis angin yang terdengar dari sela-sela pintu, terutama di pintu belakang, yang sebelumnya tak ada karet balon di bagian kabin pintunya.

Ingin mengetahui berapa besar penurunan redamannya, diukur menggunakan decibel meter, terdapat angka 5 dB lebih senyap. Wah, makin nyaman saja March kala makin senyap.  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil