Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Bengkel Mobil Seroja Motor

Selasa, 26 April 2011 18:02 WIB

Spesialis Datsun: Bisa Ubah Karburator ke Sistem Injeksi

Penulis : Rahmat Sadeli | Foto : Ifan


 Om Lai punya prinsip teguh untuk selalu puaskan konsumennya.

JAKARTA - Untuk menuju ke bengkel Seroja Motor yang berada di jalan Mohamad Kahfi, Jakarta Selatan tidaklah begitu sulit. Bengkel seluas 200 meter persegi yang mengkhususkan menangani mobil Datsun ini berada di pinggir jalan.

Jika retro mania lewat, disana akan mudah dijumpai beberapa Datsun yang sedang mengalami proses restorasi atau modifikasi. Bengkel yang digawangi Sulaiman ini memang sohor ditahbiskan sebagai bengkel spesialis Datsun


Ubah Karburator Ke Injeksi Belajar Otodidak

Karena Datsun masih mengadopsi sistem karburator, ada banyak permintaan untuk mengubahnya jadi injeksi.

Dengan pemahamannya yang mendalam tentang Datsun dan mesin injeksi, ia beranikan diri untuk mengubah sistem pasokan bahan bakarnya.

“Saya ubah Datsun 510 jadi injeksi pakai punya Lancer GTi, injektor lainnya pakai Hyundai, saya lupa tipenya,” ungkap Om Lai.

Untuk hal ini mesin tetap memakai Datsun hanya pada bagian inatke manifold diubah agar injektor bisa dicangkokkan.

Bagaimana dengan sistem ECU-nya? Untuk hal ini Om Lai mengaku melakukan penelusuran pada mesin asli yang memakai ECU.

“Satu-satu kabel saya telusuri, modalnya AVO meter. Dasarnya saya lihat lilin, saya pelajari mekansime pengapian mobil, komputer mengatur minyak dan api, kaki kita atur udara yang masuk,” ungkap Om Lai.

Walaupun sempat gagal, namun berkat ketekunannya kini ia telah berhasil melakukan cangkok inejktor di Datsun. Biaya untuk ubah karburator ke injeksi mencapai Rp 15 juta. “Kalau kita ubah injektor, pompa bahan bakar mesti ditanam juga di tangki,” ungkap Om Lai.

Restorasi Bodi Dempul Wajib Tipis
Salah satu konstain dari kerja bengkel Seroja Motor adalah proses pengerjaan restorasi bodi yang detail. “Nut-nut wajib sama dengan asli,” ungkap Om Lai.

Setelah bodi dari Datsun yang rusak diganti giliran proses pengecatan. “Untuk pengecatan tergantung dari konsumen. Pertama dari bodinya semua mesti rapi detail. Baru dilakukan pendempulan setipis mungkin, kerugian buat bengkel kalau kebanyakan dempul,” bilang Om Lai.

Karena di bengkelnya banyak Datsun, untuk patokan pengerjaan garis tinggal melihat saja contoh yang sudah ada. “Saya enggak bakal mau keluarkan dari bengkel sebelumnya hasilnya rapi,” tukas Om Lai. (mobil.otomotifnet.com)

SEROJA MOTOR
Jl. Mohamad Kahfi 1 Raya No. 28
Jakarta Selatan
Tlp. (021) 7863570

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here