Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Modifikasi Toyota Land Cruiser VX-R Limited 1994

Jumat, 29 April 2011 12:05 WIB

Modif Toyota Land Cruiser VX-R, Sepatu Roda Lumpur

Penulis : Kl:x | Teks Editor : Bagja | Foto : Kelix


Jakarta - Kalau lihat SUV bongsor seperti Toyota Land Cruiser (TLC), Nissan Patrol atau Honda New CRV pakai pelek 24 inci dengan ban aspal, mungkin sudah pemandangan biasa.

Namun bila pembungkus pelek 24 inci berupa ban pacul alias mud terrain (MT) yang lazim dipakai off-road, barangkali baru TLC VX-R ‘Limited’ milik Doli Hutasuhut.

BODY-LIFT KIT

Sepintas, TLC berboodi bongsor dengan ban 37 keluaran Toyo lebih mirip sepatu roda. Kombinasi pelek 24 inci dan suspensi yang tinggi menjadikannya terlihat jangkung.

Bukan tanpa alasan, Doli memilih ban pacul sebagai ‘alas kaki’ untuk besutan versi Limited yang masih built-up dari Jepang ini.

Kegiatannya memantau proyek dan tugas lapangan hingga ke pelosok, membuatnya iseng mendandani VX-R keluaran 1994 ini. “Pesan ban sampai 8 bulan karena lewat laut,” kekeh Doli.

Masalah baru lantas timbul karena ban 37 yang sudah terpasang membuat aktifitas mengemudi sedikit terganggu. Ban depan nyangkut dan bunyi srot..srot saat belok patah!

Mania TLC ini kudu ‘jajan’ lagi. Seperangkat suspension kit buatan Old Man Emu diborong dari Australia. Mulai sokbreker setir heavy duty, sokbreker nitrogen, per keong dan stablizer hingga body-lift kit dirakit berbarengan agar tinggi bodi bertambah 5 inci.

Itu pun masih terlihat ceper tetapi sudah tidak ngesrot. Timbul lagi masalah anyar, tarikan alias akselerasi bawah jadi lemot akibat ban gambot tadi.

Namun pecinta SUV Jepang beraliran dream car back to ’90 ini, tak ada yang tidak mungkin. Final gear ratio pun ikut diubah menjadi lebih ringan.

Crown dan pinion gear buatan Superior dengan perbandingan 37/8 (4,62:1) ikut dibenamkan pada gardan belakang. Maklum saja, varian VX-R terlahir matik sehingga terasa lelet pada putaran bawah.

Tantangan lain muncul lagi ketika sang buah hati minta dibuatkan in car entertainment di dalam kabin. Tak hanya headrest TV 7 inci Rodex dan sound system, seperangkat PSP dan controller wireless ikut menemani head unit Pioneer AVH-P4250 DVD 'touch screen'.

Biar matching dengan tema back to ’90, power amplifier dan sub woofer ikut menyesuaikan sesuai zamannya dengan pemakaian produk Rockford Fosgate. (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil