Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

First Drive Nissan Juke

Kamis, 19 Mei 2011 18:43 WIB

First Drive Nissan Juke (bag.2), Suspensi Sporty Handling Presisi

Penulis : Popo | Foto : Popo, Panji


Bali - Kalau kemarin sudah disinggung performa mesin Nissan Juke, kini saatnya merasakan lebih banyak kenyamanan dalam kabinnya. Ngomongin nyaman, maka erat hubungannya dengan suspensi. Untuk mencicipi peredam kejut ini, Nissan Motor Indonesia (NMI) mengajak kru OTOMOTIFNET.com melintasi daerah Jatiluwih.

Pemandangannya indah terasering khas Bali di area ini menyimpan tantangan berupa jalanan sempit dan tikungan tajam dengan kondisi aspal beragam. Ada yang halus, berlubang hingga benar-benar hancur.

Hasilnya, suspensi tipe mac pherson strut di depan dan tosion beam di belakang yang sudah dilengkapi stabilizer terbukti mampu memberikan manuver yang presisi. Mengubah arah mendadak dari kiri ke kanan bisa dilakukan dengan mudah.


Dengan radius putar hingga 5,3 meter, tikungan sempit pun bisa dilibas tanpa khawatir nyangkut. Sedang suspensinya pun mampu menjaga mobil tidak goyang berlebih saat menikung.

Sayangnya karakter suspensinya yang sporty jadi terasa keras saat melintasi jalanan rusak dan berlubang. Padahal pelek ring 17 inci yang dipakai sudah dibalut ban berprofil 55. Cukup tebal tapi ya, mau enggak mau pelan-pelan saja.

Oiya posisi duduk di dalam kabin cukup nyaman meski tidak lebar. Duduk di bangku baris pertama dimanja dengan jok yang didesain ala semi bucket membuat badan terasa pas dengan alas duduk berwarna gun metallic.


Asiknya pandangan keluar dari kaca depan sangat luas dan leluasa. Apalagi dashbord dan hood yang menjorok ke depan memberikan sensasi berkendara di mobil sport, bukan SUV. Mengintip spion tengah juga nyaman, karena pandangan luas ke belakang tanpa terhalang jok di baris kedua.

Sedang kelengkapan dalam kabinnya yang dibanggakan adalah kehadiran Integrated Control System (I-CON). I-CON berfungsin sebagai central command dengan penyedia informasi bagi pengendara. Letaknya ada di bagian tengah konsol dashbord, di bawah Head Unit.


ICON menggabungkan kendali AC dan fitur drive selector yangs udah di jelaskan pada test drive sesi pertama. Selain itu, Head Unit touch screen yang ditawarkan Juke sudah memiliki fitur voice comand.

Dengan semua kenyamanan ini, Nissan Juke rencananya akan dijual mulai Rp 240 jutaan dan bakal di luncurkan awal bulan Juni mendatang! (mobil.otomotifnet.com)   

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage