Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Aksesoris Mobil

Sabtu, 28 Mei 2011 14:06 WIB

Jahit Kulit Setir Pakai Tangan, Di Jamin Tiga Bulan

Penulis : Fend | Foto : Johan


JAKARTA -
Namanya cukup singkat, Asnawi. Namun keahliannya di bidang menjahit sudah dikenal luas para pemilik showroom mobil di Jakarta.

Meksi baru bermain di kawasan Jakarta, boleh dibilang ia sudah menguasai beberapa lokasi pasar mobil ternama di ibu kota ini.

Dengan mengutamakan kualitas, kamar kerjanya yang berukuran 3x6 meter mampu membungkus lingkar kemudi dari bahan kulit bermutu tinggi.

One Night Service
Mengunjungi rumah Asnawi di kawasan Pondok Bahar, Karang Tengah, Tengerang, tidak mengesankan kalau di sini dapat membuat setir mobil bekas kembali seperti baru.

Ada satu meja tempat bekerja 4 orang (termasuk dirinya) dan alat untuk pegangan setir yang disebut bracket. Di bagian lain tampak kulit bergelantungan.

Hanya berpendidikan tamat SMA, pria yang biasa dipanggil dengan nama Awi ini, mampu menjadikan dirinya spesialis jahit kulit setir. Ilmu ini didapat setelah ia bekerja ikut orang di bidang yang sama selama 5 tahun.

"Karena punya keahlian dan ingin lebih berkembang, saya mengundurkan diri dengan baik-baik. Kebetulan juga saya tahu sistem pemasarannya," ujar Awi yang pernah bekerja di bidang marketing salah satu perkreditan.

Ia pun membuka usaha sendiri sejak 4 tahun lalu. Mulanya ia mendatangi berbagai showroom mobil bekas memperkenalkan usahanya. Setelah mereka yakin akan kualitas yang dibuat, order pun mengalir.

"Hampir 40% showroom di Pasar Mobil Kemayoran saya masukin, kalau di WTC Mangga Dua hampir 50%, untuk kawasan Jakarta Selatan 20%-an lah," jelas bapak beranak dua ini.

Sehari ia sanggup menggarap jasa perbaikan 8 unit setir, maksimal 10 unit. Harganya Rp 350-400 ribu, tergantung bahan kulit yang digunakan (punya tingkatan kualitas). Kulit diperoleh dari distributor kulit Sinarindo di Kelapa Gading, Jakut.

"Saya menggunakan kulit impor, karena jenisnya lebih banyak. Kalau kulit lokal kekuatannya beda dan tekstur permukaannya kurang lembut," terang Awi yang mengutamakan kualitas dan hasil bagus meski diakui biaya servisnya jadi mahal.

Awi memberi garansi 3 bulan untuk jahitan, misal lepas atau putus. Kesulitan yang dihadapi pada proses setting (nge-mal), karena di sini dibutuhkan orang yang teliti, sabar dan memiliki jiwa seni. Jika salah setting kulit bisa berkerut.

Dengan menerapkan prinsip one night service, Awi mampu menjahit kulit yang membungkus lingkar kemudi dalam semalam. Pemilik usaha dengan nama ADR itu, selain menerima order dari showroom, juga melayani permintaan pribadi.

Nah, jika mobil-mobil yang dipajang di showroom sudah rusak atau pemilik mobil ingin dicustom sesuai warna jok mobilnya, bisa menghubungi Awi. Biasanya order satu paket, selain setir juga shift knob. Lingkar kemudi dan tongkat persneling pun kembali seperti baru.  (mobil.otomotifnet.com)

ADR: Jln.Sunan Giri Rt005/01 Pondok Bahar, Karang Tengah Tangerang Telp. 021-95862343 / 97625964

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage