Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Modifikasi Honda Jazz RS 2010 & Toyota Yaris S 2010

Rabu, 08 Juni 2011 12:03 WIB

Modif Honda Jazz RS 2010 & Toyota Yaris S 2010, 3-Way Yang Berbeda

Penulis : Eko Purboyo | Foto : Eko Purboyo


Surabaya - Sebagai salah satu magnet modifikasi tanah air, kota Surabaya tentunya memiliki kiprah yang enggak bisa dipandang sebelah mata. Gebrakan modifikasinya patut diapresiasi, terutama ide-ide segar out of the box yang bikin geleng-geleng kepala.

Hasil garapan dua rumah modifikasi audio berikut ini jadi buktinya. Honda Jazz dan Toyota Yaris yang sama-sama mengusung sistem 3-way, dengan target suara bersih dan bertenaga.
Bagi Ricky, instalatur Mobiltronik Surabaya, pemilihan Honda Jazz sebagai senjata dalam kontes audio SQ, bukan tanpa alasan. “Interior Jazz punya karakter unik, permukaan dasbornya rata, dengan kedalaman serta ketinggiannya yang pas. Sangat fleksibel untuk pengaturan sistem audio 3-way,” buka Ricky E. Widodo, dari gerai audio Mobiltronik Surabaya.

Beda halnya dengan Kevin, instalatur Authentic Audioworkshop, sengaja memilih Toyota Yaris yang memiliki kabin lebih sempit dibandingkan Jazz. “Kabin Yaris enggak terlalu lapang, tapi ini jadi tantangan buat gue,” singkat Kevin.

Ubahan yang dilakoni oleh Ricky dimulai dengan diskusi bersama pemilik Jazz putih ini. Sehingga diketahui bahwa karakter yang diinginkan mirip-mirip home audio, yakni mengedepankan detail suara, meskipun volumenya dipelintir abis, maka pemilihan speaker jadi sangat krusial. Untuk keluaran suara dipercayakan semuanya pada Art Nouveau.
Sengaja dipilih Art Noveau, karena detail suara yang dihasilkan sangat baik, terutama saat volume suara dikeraskan. “Detail suara yang dihasilkan sangat bersih dan sesuai dengan keinginan Denny,” ungkap Ricky.

Selanjutnya yang tidak kalah krusial adalah penempatan posisi tweeter dan midrange. Pemasangan tweeter dan midrange “digantung” pada pilar A. “Posisi ini juga enggak terlalu menghalangi pandangan pengemudi, karena pas pada pilar A,” lanjut Ricky.

Langkah serupa juga dijabani oleh Kevin. Bedanya, Kevin harus berpikir keras untuk menentukan posisi speaker yang pas, karena keterbatasan kabin sempit Yaris. “Posisi tweeter dan midrange-nya sedikit digantung pada pilar A, dan hampir berdempetan dengan dasbor,” tandas Kevin. Tujuanya agar suara tinggi dan menengah dapat utuh terdengar.
Speaker yang dipakai menggunakan Dominations dengan alasan, "Sangat user friendly, enggak minta yang aneh-aneh, ini yang bikin kerja installer jadi lebih ringan," kata Kevin lagi. 

Yang unik adalah posisi midbass berada pada posisi kick panel. “Gue sengaja pilih posisi kick panel, karena bisa lebih maksimal kalau pakai boks, dan volumenya akan selalu tetap,” jelas Kevin.
Karena Yaris ini bertransmisi manual, maka sedikit lebih susah untuk menentukan posisi arah dan volumenya, agar tak terlalu menghalangi pergerakan kaki ketika mengemudi. Untuk volume boks kick panel sendiri adalah 4,5 liter. (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here