Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Rabu, 29 Juni 2011 14:02 WIB

Lis Bodi Dan Kancing Grill Tetap Rapat Dan Mengikat

Penulis : Anton | Teks Editor : Bagja | Foto : Anton

 
JAKARTA - Meskipun tampilan mobil baru Anda masih terlihat fresh, bukan jaminan semua panel detil eksterior tertempel rapat di permukaan luarnya. Seperti lis bodi pada pintu-pintu samping, yang ujung-ujungnya gampang mangap alias tak merekat dengan sempurna (Gbr.1).

Menurut Richard dari Sleek di Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang, perekat panel lis bodi di bagian luar pintu samping memang rentan terkelupas. "Terutama mobil yang sering dicuci dengan sabun (sampo mobil), biasanya mudah mangap di bagian ujung lis bodi-nya," jelas pemilik gerai bodi repair & detailing ini.

Sebab semprotan air dan kandungan bahan kimia dari sampo mobil, lanjut Richard, mampu menggerus lapisan perekat pada double tape yang menjadi alas pengikat dengan permukaan pelat pintu.

Sebelum perekatnya terkelupas yang akhirnya bisa membuat lis bodi gampang copot, sebaiknya dibikin agar tetap rapat ke bodi tanpa kuatir ujungnya bakal kembali mangap.

Untuk itu mesti melepas seluruh panel lis bodi terlebih dulu. Kelupas double tape yang lama, kemudian bersihkan sisa perekat yang masih menempel pada panel serta permukaan bodi.

Supaya daya rekat lebih kuat, oleskan lem aibon pada penampang belakang lis bodi. Setelah agak mengering, baru dilapis dengan double tape berdaya rekat bagus seperti produk 3M. Sebelum ditempel ke bodi, permukaan double tape harus dilumuri lagi dengan lem aibon (Gbr.2), supaya daya rekatnya lebih optimal. Baru kemudian direkatkan sesuai posisi awal.

Bagian lain yang tak kalah penting untuk selalu diperhatikan, seperti pengancing gril. Umumnya mobil baru punya desain gril menyatu dengan bemper, sementara pengikat ke appron hanya mengandalkan beberapa kancing plastik ukuran kecil (Gbr.3). Seperti pada Toyota Yaris atau Honda New Honda Jazz.
Paling mudah rusak adalah bagian pin pengancingnya. Kalau sudah kedapatan rusak dan tak mau mengikat bisa diakali dengan cara memasang rumah kancing ke dudukan semula, kemudian selipkan tusuk gigi atau batang korek api (Gbr.4) sebagai pengganti pin pengunci yang sudah rusak tadi. Dengan catatan, jangan ditancapkan terlalu dalam, karena akan menyulitkan ketika pin hendak dibuka kembali.

Kancing pengunci mudah rusak lantaran ukuran pin yang kecil, dan saat membuka menggunakan alat yang ukurannya terlalu besar. Sebaiknya kalau ingin membuka kancing model ini, pakai ujung obeng kecil atau pulpen agar tak merusak pin pengikatnya.   (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil